Kondisi ombak ataupun angin di perairan Makassar hampir sama dengan yang ada di Myanmar
Makassar (ANTARA News)- Pengurus Besar Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (PB Porlasi) memutuskan menggelar pemusatan latihan nasional (pelatnas) selancar angin SEA Games Myanmar di Makassar, Sulsel.

Pelatih selancar Indonesia Fadly Faisal di Makassar, Selasa, mengatakan, alasan PB Porlasi memilih melaksanakan pelatnas di Makassar dibandingkan tempat lain termasuk Jakarta, karena kondisi alam Makassar secara geologis memiliki banyak kesamaan dengan di Myanmar.

"Kondisi ombak ataupun angin di perairan Makassar hampir sama dengan yang ada di Myanmar. Saya kira sangat baik karena bisa membuat atlet lebih terbiasa dan memahami karakter medan. Mudah-mudahan ini semakin membuka peluang kita untuk meraih hasil terbaik," jelasnya.

Menurut rencana, delapan atlet pelatnas yang masih tersisa akan menggelar desentralisasi di Makassar pada Mei 2013. Delapan atlet itu berasal dari berbagai daerah yakni Sulsel (tiga atlet), Jabar (dua), Bali (dua) serta DKI Jakarta dengan satu atlet.

Seluruh atlet, kata dia, akan memulai pelatnas seusai pelaksanaan pra SEA Games di Myanmar, 4-11 April 2014. Tim selancar angin Indonesia juga direncanakan akan mengikuti ujicoba di Eropa seusai tampil di Pra SEA Games 2013.

Pelatih yang masih sempat berlaga di PON 2012 itu menjelaskan, pihaknya membutuhkan sejumlah uji coba untuk melihat peningkatan kemampuan atlet selama pelatnas. Apalagi beberapa atlet masih berstatus seleknas yang masih akan dipantau kelayakannya mewakili Indonesia di SEA Games Myanmar.

"Delapan atlet yang masih tersisa memiliki potensi yang sama untuk tampil di SEA Games 2013. Hanya saja kita tetap akan memilih yang terbaik dan itu akan kita lihat dari hasil latihan dan uji coba mendatang," kata peraih perak PON Riau 2012 tersebut.

Asisten Pelatih Indonesia Yusuf Pratama, menambahkan Sekjen PB Porlasi telah meninjau kesiapan Makassar sebagai lokasi pelatnas SEA Games 2013. Dari hasil tinjauan itu, kata dia, semakin memperjelas kesiapan dan kelayakan untuk pelatnas di Makassar.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013