Roma (ANTARA News) - Paus Fransiskus mengelilingi Lapangan Basilika Santo Petrus dengan sebuah jip putih terbuka demi menyapa kumpulan manusia yang menyemut guan mengikuti Misa Pelantikan kepausannya.

Untuk kesekian kalinya Paus baru ini berusaha tampil informal dengan menolak menumpang kendaraan kepausan yang antipeluru yang biasa digunakan pendahulunya, Benediktus.

Umat sudah membanjiri lapangan basilika dan memenuhi jalan-jalan sejak pagi buta tadi.

Fransiskus berulangkali berhenti untuk menyapa umatnya dan menciumi bayi-bayi yang diunjukkan kepadanya.  Dia juga sempat turun dari kendaraan untuk memberkati seorang pria difabel.

Misa pelantikan yang dimulai pukul 9.30 waktu setempat (15.30 WIB) akan secara resmi meresmikan Fransiskus sebagai pemimpin baru untuk 1,2 miliar pemeluk Katolik Roma.

Menurut Reuters, ini adalah kumpulan manusia terbesar di Roma sejak 1,5 juta orang membanjiri kota ini untuk mengikuti beatifikasi mendiang Paus Yohanes Paulus II pada 1 Mei 2011.

"Kami aslinya dari Argentina dan kami ingin berada di sini karena Paus Fransiskus jauh dari kota kami.  Kami sangat bangga ketika dia terpilih. Kami pergi semalaman ntuk bisa sampai di sini hari ini," kata Cirigliano Valetin (51), tukang listrik yang bekerja di Salerno, Italia selatan. 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013