Jakarta (ANTARA News) - Aktris Gwyneth Paltrow mengungkapkan diet ketat membuat hubungannya jadi lebih baik dengan sang suami, Chris Martin.

Paltrow menjalani pola makan rendah kalori dan bebas gluten. Dia mengaku cara hidup seperti itu berdampak pada pernikahan yang hampir sepuluh tahun dijalani dengan pentolan band Coldplay tersebut.

Perubahan itu membuatnya "lebih ringan dan emosi jadi lebih lancar".

Seperti dikutip dari majalah Self, Paltrow berkata, "Saya sering memendam kemarahan. Saya mendahulukan perasaan orang lain daripada perasaan sendiri. Saya akan menahan diri tapi saat sendirian di mobil saya akan berteriak saat macet atau merusak gantungan baju di kloset  yang tiba-tiba tersangkut."

Setelah menjalani pola hidup sehat, Paltrow mengaku lebih terbuka dan hal itu membuat suaminya harus menyesuaikan diri.

"Kamu tidak akan belajar apa-apa kecuali lewat diskusi alot."

Dia mengatakan bahwa dengan menghadapi persoalan, hubungan mereka jadi berubah.

"Saat kita sadar diri kita yang sebenarnya, justru pasangan kita jadi  tidak terlalu nyaman karena dia  menyukai diriku yang dulu. Pernikahan kami berubah, tapi dia mau menjalani tantangan itu."

Sang aktris memutuskan untuk berhenti mengonsumsi sebagian jenis makanan di saat dia berada dalam jadwal pekerjaan yang padat.

Paltrow menceritakan hidupnya sangat stes dengan berbagai kegiatan. Dia sering minum pil dan wine agar bisa tidur di pesawat lalu ke gym. Suatu saat dirinya diserang kepanikan. "Tubuh saya bagaikan bertanya, ada apa ini?"

Dia mengatakan dokternya merekomendasikan untuk berhenti mengonsumsi produk susu, gula, gluten, dan semua yang diolah.

"Saya berkomentar, 'Lalu saya makan apa?' karena itu saya membuat buku; agar tak lagi makan makanan yang itu-itu saja."

Paltrow yang dikenal sebagai sosok dengan pola makan 'tidak fleksibel',  merilis buku resep pertamanya pada April 2011. Dia  menegaskan bahwa pada kenyataannya, diet itu tidak seseram kenyataannya.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013