Bandarlampung (ANTARA News) - Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan moda kereta api akan menjadi ikon transportasi di Pulau Sumatera yang akan dibangun secara bertahap sambung-menyambung di sejumlah provinsi pulau ini.

"Pemerintah pusat akan mengembangkan jalur kereta api sebagai akses transportasi yang menghubungkan seluruh provinsi di Sumatera," kata Menhub saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se-Wilayah Sumatera dan Rakor Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI) Koridor Sumatera, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan, selain untuk memperlancar mobilisasi produk unggulan juga agar tidak memperparah kerusakan jalan negara yang ada di provinsi-provinsi tersebut.

Saat ini, kata dia, rel kereta api yang ada di Pulau Sumatera sepanjang 1.873 kilometer namun yang berfungsi hanya 1.390 kilometer dan yang tidak berfungsi sepanjang 483 kilometer.

Untuk pelayaran penyeberangan Bakauheni, pihaknya akan membanguan penangkis arus untuk memperlancar pelayaran juka terjadi cuaca buruk seperti gelombang tinggi atau arus bawah laut di perairan Selat Sunda..

"Kami juga akan menambah kapal besar dengan ukuran 5.000 grosston untuk pelayaran Merak Bakauheni," kata Mangindaan.

Kemudian, pihaknya juga akan mengembangkan sejumlah pelabuhan lain di Pulau Sumatera termasuk penambahan kapal perintis sebagai angkutan, seperti di Kepulauan Riau (Kepri), sesuai dengan permintaan meskipun beberapa kali telah meminta dan sudah direalisasikan karena selalu kekurangan.

Untuk bandara, lanjut Menhub, pemerintah pusat akan mengembangkan 13 lokasi termasuk di Kepulauan Mentawai karena merupakan daerah paling rawan gempa dan tsunami.

Ia juga mengatakan, pengembangan Bandara Radin Intan Lampung juga akan dilakukan agar pesawat ukuran lebih besar dapat mendarat di bandara itu.

"Saya tadi mendarat di Radin Intan namun terasa masih goyang sehingga perlu penambahan ketebalan lapisan landasan pacu dan itu juga akan dilakukan dengan penambahan ketebalan 7,5 centimeter," katannya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan menambah bus-bus perintis di terminal di Pulau Sumatera agar dapat mendukung transportasi termasuk transpotasi anak sekolah. yang tinggal di tempat terpencil.

Pewarta: Kristian Ali
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013