Yerusalem (ANTARA News) - Salah satu mobil limusin lapis baja yang akan dipakai Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Israel pada hari Rabu mengalami kerusakan.

Pasukan Pengamanan presiden AS (Secret Service) terpaksa harus menerbangkan kendaraan lainnya dari Yordania, lapor AFP.

Di Yordania, kendaraan itu sedang menunggu Obama yang akan melakukan perjalanan ke negara tetangga pada hari Jumat setelah mengakhiri kunjungannya ke Israel.

"Salah satu kendaraan pelindung kami mengalami masalah mekanis di Israel hari ini," kata Edwin Donovan, juru bicara Secret Service.

"Inilah yang membuat kami membawa beberapa kendaraan dan petugas mekanik di semua perjalanan," kata Donovan.

Ia mengatakan kerusakan mobil tidak berdampak terhadap rencana perjalanan Obama.

Kerusakan itu sendiri terjadi sebelum Presiden Obama tiba di Israel.

Beberapa laporan media Israel menduga bahwa mobil panjang itu tidak berfungsi setelah diisi dengan bahan bakar diesel, bukan bensin.

Donovan mengatakan Secret Service belum mengetahui kerusakan apa yang muncul.

Obama biasanya menggunakan berbagai macam kendaraan anti peluru, termasuk kendaraan yang didesain dan disebut sebagai "The Beast"

"The Beast" dibuat oleh GM dan merupakan Cadillac yang dirombak habis-habisan.

Secret Service menerbangkan beragam kendaraan kepresidenan ke seluruh wilayah Amerika Serikat maupun dunia ketika Obama melakukan kunjungan.

Pengangkutan itu menggunakan pesawat-pesawat pengangkut Angkatan Udara AS, yang terbang sebelum pesawat kepresidenan AS, Air Force One.

Spesifikasi kendaraan-kendaraan selalu dirahasiakan, namun sejumlah laporan mengatakan bahwa mobil kepresidenan dilengkapi dengan persediaan oksigen, peralatan komunikasi sangat canggih dan memiliki ban dan roda yang diperkuat.

Kerusakan mobil Obama di Israel itu bukan yang pertama kalinya terjadi di luar negeri.

Pada tahun 2011, limosin kepresidenan yang merupakan mobil cadangan dan bukan "The Beast" mengalami kerusakan ketika sedang meninggalkan kedutaan AS di Irlandia. (T008/M014)