Senin, 22 Desember 2014

Pilkada Palembang memasuki masa kampanye

| 2.522 Views
id pilkada palembang, kpu palembang
Palembang (ANTARA News) - Tim sukses tiga pasang calon wali kota dan wakil wali kota Palembang, Sumatera Selatan memasuki masa kampanye pilkada 21 Maret hingga 3 April 2013, mulai memasang peraga kampanye guna menarik parhatian dan simpati masyarakat.

Pada Kamis dini hari, di sejumlah kawasan permukiman di Palembang, tim sukses masing-masing calon memasang tanda gambar pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dalam bentuk stiker, baliho, dan spanduk di rumah-rumah penduduk, gedung pertokoan, tiang listrik, pohon, dan beberapa tempat strategis lainnya.

Dalam pesta demokrasi itu ada tiga pasangan yang memenuhi persyaratan dan dinyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang sebagai calon yang berhak maju dalam pilkada yakni H Romi Herton-H Harnojoyo, H Sarimuda-Hj Nelly Rosdiana, dan pasangan H Mularis Djahri-H Husni Tahmrin.

Ketiga pasangan tersebut menebar atribut kampanye pilkada bertuliskan ajakan agar warga kota memilih mereka dengan mencoblos nomor urut yang pada 21 Februari 2012 ditetapkan KPU melalui pengundian.

Pasangan Mularis-Husni mengajak warga mencoblos nomor satu pada pilkada yang dijadwalkan berlangsung pada 7 April 2013, begitu juga pasangan Romi-Harno mengajak warga mencoblos nomor dua, dan pasangan Sarimuda-Nelly mengajak warga Palembang mencoblos nomor tiga.

Sebelumnya Ketua KPU Palembang Eftiyani mengatakan, para peserta pilkada dan tim suksesnya diharapkan dapat memanfaatkan masa kampanye dengan baik sesuai dengan ketentuan, serta menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat hingga seluruh tahapan pesta demokrasi itu berakhir.

Tahapan pilkada diawali pendaftaran PPK dan PPS pada 10-12 September 2012, kemudian penetapan daftar pemilih 20 Oktober 2012-4 April 2013, pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota pada 27 Desember 2012 hingga 2 Januari 2013 dan penetapan pasangan calon tersebut pada 21 Februari 2013.

Setelah dilakukan penetapan pasangan itu tahapan selanjutnya digelar kampanye damai siap menang dan siap kalah bersama ketiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada pertengahan Maret 2013, kemudian ditetapkan masa kampanye pada 21 Maret hingga 3 April 2013 diawali dengan pemaparan visi misi calon di hadapan anggota DPRD Palembang.

Setelah tahapan tersebut, dijadwalkan pemungutan suara pada 7 April 2013, kemudian penghitungan suara 7-16 April 2013 dan penetapan pasangan wali kota dan wakil wali kota Palembang terpilih, serta pengesahan dan pelantikan pasangan terpilih pada 21 Juli 2013, kata Ketua KPU Palembang.

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga