Kupang (ANTARA News) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya mengatakan acara peluncuran Sail Komodo 2013 akan dilaksanakan pada 27 Maret di Jakarta dan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Rencana pasti peluncuran Sail Komodo 2013 pada 27 Maret di Jakarta, sampai saat ini belum ada perubahan jadwal," kata Frans Lebu Raya, di Kupang, Kamis terkait jadwal pasti peluncuran Sail Komodo 2013.

Menurut dia, acara peluncuran ini untuk memberi pesan kepada dunia bahwa acara Sail Komodo 2013 yang diselenggarakan atas kerja sama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan pemerintah pusat sudah dimulai.

Pesan ini disampaikan jauh hari sebelumnya agar para wisatawan dari berbagai belahan dunia yang ingin berpartisipasi dalam event internasional itu bisa mempersiapkan diri untuk datang ke Nusa Tenggara Timur, guna menyaksikan biawak raksasa Komodo di Labuan Bajo, ujung barat Pulau Flores, kata Lebu Raya.

Frans menambahkan, Sail Komodo 2013 sesungguhnya merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan sektor kepariwisataan di provinsi kepulauan itu.

Selain itu, Sail Komodo 2013 akan menjadi jembatan emas untuk menuntun Nusa Tenggara Timur sebagai destinasi wisata utama dunia pada 2015.

"Bentuk konkrit dari pelaksanaan Sail Komodo adalah, melakukan promosi melalui para peserta lomba layar yang berasal dari berbagai belahan dunia yang akan mengelilingi pulau-pulau di NTT menggunakan perahu layar pada akhir Juli 2013," katanya.

Para peserta lomba perahu layar ini, kata dia, akan melihat secara langsung keindahan alam serta potensi yang dimiliki daerah itu untuk disampaikan kepada keluarga dan sahabat yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

"Jadi Sail Komodo ini bertujuan untuk mempromosikan NTT menjadi destinasi utama dunia, serta pengembangan potensi dan peningkatan kunjungan wisatawan ke NTT," katanya.

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013