Jumat, 1 Agustus 2014

Gaun Putri Diana dilelang lebih 850.000 euro

Sabtu, 23 Maret 2013 17:33 WIB | 4.232 Views
Gaun Putri Diana dilelang lebih 850.000 euro
Foto bersejarah saat Putri Diana berdansa dengan aktor John Travolta dalam jamuan kenegaraan di Gedung Putih, Washington DC, pada 1985. Di latar belakang berdiri Presiden Amerika Serikat (saat itu) Ronald Reagan yang juga tengah berdansa dengan istrinya, Nancy Reagan. Tiap busana Putri Diana selalu menjadi inspirasi dalam berbagai hal. (ksat.com)
London (ANTARA News) - Tokohnya sudah lama pergi selamanya, namun paling tidak sepuluh gaun milik Putri Diana --termasuk yang dikenakan saat dia berdansa dengan aktor Holywood, John Travolta, dalam jamuan kenegaraan di Gedung Putih pada 1985-- terjual senilai 862.800 euro dalam lelang di London, Selasa.

Busana paling ikonik --gaun strapless beludru biru gelap, dikenakan dalam jamuan kenegaraan pada 1985 saat dijamu Presiden Amerika Serikat, (almarhum) Ronald Reagan-- untuk menghormati Pangeran dan Putri Wales - meraup 240.000 euro.

Hal ini diabadikan melalui foto-foto Diana dalam balutan adibusana itu tengah berdansa sangat fasih dengan Travolta untuk lagu You Should be Dancing dari film Saturday Night Fever. Dalam foto-foto itu, senyum Diana mengembang begitu sumringah dan menarik.

Gaun itu dibeli seorang pria Inggris yang mengatakan, "Ia ingin membelinya sebagai kejutan untuk menghibur istrinya," jelas pengusaha lelang, Kerry Taylor. Jika benar gaun itu bisa dikenakan sang istri pembeli, maka seharusnya perempuan itu setinggi 180 sentimeter dengan proporsi tubuh nyaris seimbang.

Pakaian-pakaian, yang dibuat beberapa desainer favorit Diana, termasuk Zandra Rhodes, Catherine Walker, Bruce Oldfield, dan Victor Edelstein, berbagi sejarah yang luar biasa.

Beberapa dikenakan Diana selama perjalanan resmi ke Austria, Australia, Brazil, India, Korea Selatan, dan Amerika Serikat, kata rumah lelang.

Mereka kemudian diakuisisi pengusaha Florida, Maureen Rorech, pada penjualan 1997 untuk mengumpulkan uang guna amal kemanusiaan yang didukung Putri Diana, dua bulan sebelum dia tewas dalam kecelakaan mobil di jembatan Pond d'Alma, Paris.

Rorech menempatkan 14 dari gaun untuk dijual pada lelang di Kanada pada 2011 setelah menyatakan kebangkrutan, tetapi hanya empat dijual saat mencapai harga yang cukup tinggi, kata Taylor.

Semua item yang tersisa dijual pada Selasa dengan harga mulai dari 24.000 euro sampai 240.000 euro. Dua dibeli museum penting Inggris, ungkap Taylor.

"Ini sangat penting bagi generasi yang akan datang," tambahnya. "Karena Diana adalah putri rakyat, sehingga rakyat harus dapat melihat gaun ini. Ini adalah warisan kita, sejarah kita."

(H-AK)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga