Rabu, 3 September 2014

Kalangan DPR minta penyerang Lapas Cebongan ditindak tegas

Minggu, 24 Maret 2013 18:24 WIB | 3.889 Views
Kalangan DPR minta penyerang Lapas Cebongan ditindak tegas
Tinjau Lapas 2B Cebongan Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin (ketiga kanan) didampingi Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Hardiono Saroso (kedua kanan) meninjau Lapas 2B Cebongan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (23/3). Amir Syamsuddin meninjau langsung ke lapangan dan meminta maaf atas peristiwa penembakan yang menewaskan empat orang tahanan di lapas tersebut. (FOTO ANTARA/Sigid Kurniawan)
Denpasar (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR Achmad Basarah mendesak Panglima TNI segera menindak tegas pelaku penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan.

"Segera berikan sanksi pemecatan dan sanksi pidana terhadap mereka yang telah melanggar hukum," kata  Achmad Basarah di Denpasar, Bali, Minggu.

"Panglima TNI harus segera turun tangan untuk menertiban barisan TNI kembali ke koridor hukum dan Sumpah Prajurit Sapta Marga," katanya.

Menurut Basarah, kasus penyerbuan dan penembakan empat orang tahanan di Lapas Kelas IIB Cebongan Sleman Yogyakarta menambah perasaan miris masyarakat terhadap berbagai aksi brutalisme, baik yang dilakukan oleh rakyat sipil maupun militer.

Di sisi lain, Basarah juga minta agar premanisme yang makin marak segera ditangani Polri.

"Kalau seorang anggota Kopassus saja bisa mereka bunuh, apalagi terhadap rakyat sipil biasa," kata Achmad Basarah merujuk pemicu kasus penyerbuan Lapas Cebongan..

Di sisi lain, tambah Basarah, sikap in-subordinasi yang dilakukan oleh mereka yang diduga oknum TNI yang membalas kematian rekannya tersebut secara di luar koridor hukum juga telah menimbulkan perasaan khawatir masyarakat luas.

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga