Jakarta (ANTARA News) - Upacara minum teh ala Jepang (chanoyu) punya banyak aturan. Misalnya saat menerima teh dari tuan rumah, Anda tidak boleh langsung meminumnya.

Mengutip Suwarni dari Japan Foundation, Selasa, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menikmati teh hijau yang baru saja dibuat tuan rumah.

Dalam chanoyu, teh disajikan dalam cawan yang biasanya memiliki motif di salah satu sisinya.

Saat menerima cawan, tamu harus mengangkatnya dengan ketinggian sejajar mata. Lalu, turunkan hingga sejajar dada dan putar dua kali cawan ke arah kanan agar gambar di cawan menghadap ke luar, bukan ke arah mulut Anda.

Suwarni, pengajar chanoyu di Japan Foundation Jakarta, mengatakan gerakan itu juga harus diterapkan untuk cawan-cawan tidak bermotif.

Teh hijau dalam cawan tersebut harus dihabiskan sebagai tanda hormat.  "Agar tehnya tandas tidak bersisa, ditegukan terakhir lebih baik diseruput, sedot sampai habis," kata Suwarni di Japan Foundation, Selasa.

Setelah selesai minum teh, tamu dapat memperhatikan detil cawan, mulai dari motif hingga nama pembuat yang biasanya ada di bagian bawah cawan.

"Setiap cawan itu berbeda-beda, kita belum tentu bisa bertemu dengan cawan yang sama. Selain itu, cawan juga sangat berharga, jadi melihatnya pun harus berhati-hati," katanya.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013