...limbah domestik yang mencemari air di Cisadane berasal dari limbah rumah tangga, hotel, rumah makan, dan bengkel kendaraan bermotor.
Tangerang (ANTARA News) - Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang, Banten, menyatakan air di Sungai Cisadane hampir 84 persen tercemar limbah domestik.

"Dari hasil penelitian, 84 persen air di Sungai Cisadane telah tercemar limbah domestik," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang, Affandi Permana, di Tangerang, Kamis.

Ia mengatakan, limbah domestik yang mencemari air di Cisadane berasal dari limbah rumah tangga, hotel, rumah makan, dan bengkel kendaraan bermotor.

Kemudian, 14 persen lainnya limbah berasal dari pabrik yang memproduksi besi dan mangan. Lalu, dua persen lainnya, adalah limbah lainnya.

Untuk pabrik yang melakukan pencemaran, Pemkot Tangerang telah memberikan sanksi berupa penghentian operasional karena terbukti. Sedangkan dampak pencemaran lainnya, BLHD masih kesulitan memastikan sumbernya.

Meski demikian, limbah yang mencemari air baku di Kota Tangerang belum dalam kategori berat dari tiga kategori pencemaran yakni ringan, sedang, dan berat.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya pencemaran limbah lebih besar lagi maka Pemkot Tangerang gencar melakuka sosialisasi kepada masyarakat untuk membuat sumur resapan dan tidak membuang sampah ke sampah.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013