Minggu, 26 Oktober 2014

10 aplikasi pemulih file yang terhapus

| 7.964 Views
id pemulih file, file terhapus, file komputer, aplikasi pemulih file, recpvery program
10 aplikasi pemulih file yang terhapus
Jakarta (ANTARA News) - Pengguna komputer seringkali tidak sengaja menghapus file-file yang mereka simpan karena serangan virus atau bug lalu bingung memulihkan file-file itu.

"Tak perlu panik. Ada kemungkinan file-file Anda masih utuh, di suatu tempat di cakram (data). Dan jika Anda bertindak cepat maka Anda mungkin dapat memulihkan semuanya," sebut Mike Williams dari TechRadar.

Berikut 10 aplikasi pemulih file-file yang telah terhapus di hard-disk:

1. Recuva Free. Aplikasi ini tersedia dalam versi portable. Aplikasi itu akan bertanya jenis file apa yang dicari dan di mana harus dicari sebelum memindai sistem komputer secara menyeluruh.

2. Undelete 360. Aplikasi gratis ini tidak mempunyai sejumlah fitur bermanfaat seperti penyaring file, penampil file, dan lainnya. Tapi, Undelete 360 tidak membatasi jumlah file yang dapat dipulihkan.

3. MiniTool Partition Recovery. Aplikasi pemulih file biasa mungkin cocok untuk memulihkan sejumlah file, tapi jika pengguna kehilangan seluruh partisi hard-disk, MiniTool Partition Recovery dapat menjadi alat berguna.

4. Wise Data Recovery. Pengguna yang lebih memilih aplikasi sederhana untuk memulihkan file-file terhapus dapat memanfaatkan aplikasi ini. Tapi, Wise Data Recovery tidak dapat menjangkau tipe file berbasis FAT selain pemulihan data di penyimpanan USB.

5. PhotoRec. Aplikasi gratis ini dapat beroperasi hampir di seluruh sistem komputer seperti DOS, Windows, Linux, serta OS X. PhotoRec juga dapat memulihkan lebih dari 200 jenis file. Sayang, aplikasi ini memiliki tampilan pengguna antar-muka berbasis DOS yang kurang menarik.

6. FreeUndelete. Meski gratis untuk penggunaan pribadi, aplikasi ini termasuk lambat dan tidak mampu memulihkan file di penyimpanan FAT. Tapi, FreeUndelete sangat berjalan baik di penyimpanan berbasis NTFS dengan menampilkan file-file yang telah terhapus.

7. Paragon Rescue Kit Free. Kemampuan utama aplikasi ini yaitu mampu memulihkan file-file yang bahkan telah terhapus sama sekali dan komputer tak mampu menyala (boot).

8. Glary Undelete. Aplikasi ini mampu memulihkan file-file terhapus di hard-disk FAT dan NTFS. Pengguna juga dapat menyaring file itu berdasarkan nama atau folder.

9. Pandora Recovery. Aplikasi ini bukan hanya memindai file-file yang terhapus dan menampilkan dalam daftar, melainkan juga menampilkan dalam format menyerupai Explorer yang memudahkan pengguna.

10. PC Inspector File Recovery. Sebagaimana aplikasi-aplikasi sebelumnya, PC Inspector File Recovery mampu memulihkan file-file dari hard-disk FAT dan NTFS serta menampilkannya berdasarkan folder. Walaupun dapat menampilkan file teks, aplikasi ini tidak dapat menampilkan file berformat JPEG.

Penerjemah: Imam Santoso

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca