Surabaya (ANTARA News) - Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Dionysius Hayom Rumbaka tampil gemilang pada debutnya dalam penyisihan Piala Axiata 2013 dengan menang melawan pemain Filipina, Mark Shelley Alcala 21-12, 21-9 di DBL Arena Surabaya, Sabtu.

Dengan hasil ini, Indonesia unggul sementara 2-0 atas penghuni dasar klasemen Filipina, setelah sebelumnya  Linda Weni Fanetri menaklukkan Malvinne Ann Venice Alcala 21-16, 21-11.

Hayom (24) tidak menemui kesulitan berarti menghadapi Mark yang berusia 10 tahun lebih muda darinya. Mark salah menerapkan strategi dengan banyak memberikan bola-bola atas yang malah menjadi "makanan empuk" Hayom.

Runner up Indonesia Open Grand Prix Gold 2012 itu pun tidak membutuhkan waktu lama untuk mengakhiri game pertama dengan 21-12.

Pada game kedua, smes Hayom ke sisii kiri Mark mengawali keunggulan 9-3 dan terus melaju smapai 12-3.

Mark yang kerap kali salah langkah mengantisipasi smes Hayom kian dalam tertinggal setelah Hayom yang tampil dominan meraih "match point" 20-5.

Lagi-lagi Mark memberikan bola tanggung kepada Hayom yang kemudian ditukar smes tajam menyusur ke bidang kanan dan tidak mampu dikembalikan pemain muda Filipina itu, 21-5.

Indonesia pun unggul sementara 2-0 atas Filipina.

Berikutnya, ganda campuran M. Rijal-Debby Susanto akan menghadapi Philip Escueta-Bianca Carlos, sedangkan Hendra Setiawan-M. Ahsan akan dijajal Paul Vivas-Peter Magnaye.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013