Surabaya (ANTARA News) - Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan harus bekerja keras mengalahkan ganda Filipina Paul Jefferson Vivas dan Peter Gabriel Magnaye sebelum menang rubber game 21-18, 17-21, 21-11 pada penyisihan Piala Axiata 2013 di DBL Arena Surabaya, Sabtu.

Hasil dari permainan ketat membuat Indonesia menyapu bersih laga melawan Filipina dengan 4-0, setelah tunggal putri Linda Weni Fanetri, tunggal putra Dionysius Hayom Rumbaka dan ganda campuran M.Rijal-Debby Susanto juga menang dari lawan-lawannya.

Hendra yang kini ditandemkan kembali dengan Ahsan setelah sempat bermain dengan Ryan Saputro, bermain cukup baik pada game pertama, namun keteteran di game kedua akibat permainan impresif Vivas-Magnaye.

Pada awal game pertama, pasangan Filipina sempat memaksa peringkat 20 dunia, Ahsan-Hendra, tidak bisa bermain cepat. Namun, Ahsan berhasil memanfaatkan kelalaian duet Filipina di penghujung game dan menutup skor 21-18.

Pada game kedua, kerja keras Filipina membuahkan hasil.  Mereka sempat menahan Ahsan-Hendra 7-7, lalu memimpin 8-7, kemudian melaju 18-14, hingga kedudukan 20-16.

Penonton tersentak begitu pengembalian Hendra jauh ke belakang sehinngga kedudukan berakhir 17-21 untuk Filipina dan partai pun harus berlanjut dengan "rubber game".

Game ketiga, Filipina sempat memimpin 7-5, lalu Hendra bangkit untuk membuat Indonesia unggul 9-8, terus melaju hingga 19-11. Hendra lalu menutup game ketiga ini dengan smes yang tidak dapat dikembalikan lawan, kedudukan 21-11.

Indonesia pun menyapu bersih laga penyisihan melawan Filipina 4-0.

Pada ganda campuran, M.Rijal-Debby Susanto dengan mudah mengalahkan Philip Escueta-Bianca Carlos 21-17, 21-8.

Indonesia kini menambah poin menjadi 19, dibayangi Malaysia pada peringkat dua dengan 14 poin. Malaysia akan melawan Vietnam Sabtu malam ini di Kuala Lumpur.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013