Gorontalo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo terus mengembangkan budidaya ikan air tawar sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Sebagai contoh, tahun 2013 Dinas Perikanan setempat memprogramkan pemberian bantuan 40 paket ikan lele dan empat paket ikan patin untuk seluruh lokasi percontohan yang ada di kabupaten ini.

Untuk meningkatkan keberhasilan program tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Minggu, menyalurkan bantuan bibit ikan lele dan patin untuk kelompok nelayan perikanan tambak di Desa Hulawa Kecamatan Telaga.

Wakil bupati Toni Yunus, pada kegiatan pemanenan serta penaburan bibit ikan air tawar di kecamatan itu, mengatakan, bantuan sejumlah satu paket atau 400 induk ikan lele dan patin tersebut, diharapkan mampu meningkatkan produksi ikan di demplot (lokasi percontohan) perikanan air tawar yang telah dikembangkan sejak tahun 2012 itu.

Sebelumnya, kelompok lainnya juga telah menerima bantuan paket dari Dinas Perikanan setempat, seperti dua paket induk ikan mujair, ikan mas dan ikan nila. Saat ini pembudidayaan ikan air tawar itu semakin maju.

Keberhasilan ini kata Toni, patut didukung untuk terus mengembangkan produksi ikan air tawar yang prospeknya semakin menjanjikan di daerah ini, dengan banyaknya restoran dan rumah makan yang menyajikan menu ikan air tawar.

Toni mengatakan, upaya pembinaan melalui pemberian fasilitas dan mendorong minat para kelompok nelayan tambak, diharapkan mampu menggerakkan berbagai sektor perekonomian di bidang perikanan.

Pemerintah daerah berharap bantuan yang ditingkatkan setiap tahun tersebut, mampu menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahaan serta mendorong pergerakkan perkembangan ekonomi daerah agar semakin bertumbuh pesat.

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013