Bogor (ANTARA News) - Arus balik libur panjang bertepatan dengan Hari Paskah di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diprediksi terjadi Minggu siang, kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, AKP Edwin Affandi.

"Arus balik diprediksikan terjadi hari ini, mulai siang nanti kendaraan akan bergerak dari arah Puncak menuju Jakarta," katanya.

AKP Edwin mengatakan bahwa untuk mengurai kepadatan arus pihaknya telah menyiapkan sejumlah upaya diantaranya menggelar personel labih banyak di lapangan guna mengatur arus lalu lintas.

"Kita mengerahkan 150 personel, jumlah yang lebih banyak dari biasanya," kata Kasat.

Personel akan disebar di sejumlah titik di sepanjang jalur Puncak untuk mengatur arus dan sistem buku tutup atau satu jalur.

Satlantas Polres Bogor juga akan menerapkan sistem satu jalur (one way) dengan memprioritaskan kendaraan dari arah Puncak menuju ke Jakarta.

"Kita juga mempertimbangkan aktivitas masyarakat yang ingin berkegiatan di Puncak, dan sistem one way akan dilakukan secara situasional," kata Kasat.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, arus lalu lintas di jalur Puncak pada libur panjang Paskah mengalami peningkatan dari libur akhir pekan biasanya.

Kepadatan arus kendaraan di Puncak terjadi sejak Jumat (29/3) kemarin, kendaraan bergerak naik menuju Puncak.

Diperkirakan 20.000 kendaraan roda empat dan lebih bergerak menuju Puncak pada Jumat tersebut.

Kepadatan arus lalu lintas di Puncak selain karena banyaknya jumlah pengunjung yang berwisata ke lokasi tersebut, juga dikarenakan aktivitas masyarakat setempat.

Hambatan arus lalu lintas terjadi di sejumlah titik, di antaranya di lokasi-lokasi wisata dan Pasar Cisarua.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013