Ratusan warga itu membawa "bendera" Aceh berupa bulan bintang bergaris hitam putih dibagian bawah dan atas di atas sehelai kain merah tua, berkumpul di masjid raya Baiturrahman Kota Banda Aceh.
Banda Aceh (ANTARA News) - Ratusan warga Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe konvoi dengan mobil dan truk serta bus sambil mengibarkan "bendera" Aceh di Banda Aceh, Senin.

Ratusan warga itu membawa "bendera" Aceh berupa bulan bintang bergaris hitam putih dibagian bawah dan atas di atas sehelai kain merah tua, berkumpul di masjid raya Baiturrahman Kota Banda Aceh. Demikian pantauan wartawan ANTARA News, di Banda Aceh, Senin,

Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Aceh telah mengesahkan pemberlakukan qanun (Perda) tentang bendera dan lambang Aceh.

Bendera Aceh yang disahkan legislatif dengan qanun itu berupa bulan bintang bergaris hitam dan putih di atas sehelai kain merah tua yang merupakan juga bendera GAM saat Aceh dilanda konflik bersenjata.

Peserta konvoi dari Lhokseumawe dan Aceh Utara menyatakan mereka bergerak dari dari asalnya pada Minggu (31/3) malam.

"Kami belum mendapat arahan untuk melanjutkan aksinya. Nanti baru diberitahukan kemana tujuan selanjutnya," kata salah seorang peserta konvoi "bendera" dari Aceh Utara itu.

Para peserta konvoi dari Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe menumpang bus sekolah, mobil penumpang (L300), truk serta bus milik Pemda.

Ratusan warga konvoi "bendera" yang berkumpul di masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh mendapat perhatian masyarakat, terutama mereka yang melintas di ruas jalan Perdagangan.

Pewarta: Azhari
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013