... harus dilakukan dengan perhitungan yang sangat matang... "
Prabumulih, Sumatera Selatan (ANTARA News) - Suntikan lumpur beku digelontorkan Pertamina Eksplorasi dan Produksi untuk mengatasi semburan liar di sumur pengeboran Talang Jimar, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, Senin.

Manager Legal dan Relation Asset II Pertamina EP, Agustinus, memaparkan, lumpur beku yang disuntikkan di area semburan berjumlah 1.200 barel dan baru dilakukan sekitar pukul 16.00 WIB, Senin.

Bahan yang digunakan merupakan lumpur yang kekentalannya melebihi lumpur pada umumnya. "Persiapan injeksi ini menggunakan motor bergerak dengan harapan menekan semburan," katanya.

Untuk itu, ia menjelaskan, persiapan penyuntikan sendiri harus dilakukan dengan perhitungan yang sangat matang, sebab bila tidak cukup matang maka dikhawatirkan semburan akan terulang kembali.

Sumur pusat semburan sendiri merupakan sumur ke 240 yang dibor, sementara ke 239 sumur sebelumnya sama sekali tidak ditemukan masalah.

Dari kedalaman 2.200 meter pengeboran semburan sendiri ditemukan pada kedalaman sekitar 300 meter, kemudian mengeluarkan materi seperti pasir,lumpur, dan gas yang terjadi pada Minggu (31/3).

Akses jalan ke sana sudah ditutup Pertamina EP sejak Minggu dan dijaga ketat aparat pengamanan setempat. (*)

Pewarta: Muhammad Suparni
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013