Karena sejak Senin (1/4) pukul 17.15 WIB sistem interkoneksi Jawa dan Bali khususnya di wilayah Jawa bagian barat mendapatkan tambahan pasokan listrik sebesar 250 MW dari PLTU Labuan Banten yang dipercepat pekerjaan pemeliharaannya,"
Jakarta (ANTARA News) - PT PLN (Persero) berencana tidak memadamkan listrik bergilir di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten mulai Selasa (2/4) meski perbaikan menara saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) di Sumedang, Jawa Barat, masih berlangsung.

"Karena sejak Senin (1/4) pukul 17.15 WIB sistem interkoneksi Jawa dan Bali khususnya di wilayah Jawa bagian barat mendapatkan tambahan pasokan listrik sebesar 250 MW dari PLTU Labuan Banten yang dipercepat pekerjaan pemeliharaannya," sebut Manajer Senior Komunikasi Korporat PT PLN, Bambang Dwiyanto, dalam siara pers di Jakarta, Senin.

PLN, menurut Bambang, optimis pemadaman tidak terjadi di tiga wilayah itu karena partisipasi pelanggan industri, bisnis, dan umum atau rumah tangga pada Senin untuk mengurangi pemakaian listriknya besar.

"Hari ini, beban listrik di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten turun dibandingkan rencana awal. Semula diprediksi beban di ketiga propinsi tersebut pada siang hari tadi sebesar 13.500 MW namun realisasinya hanya sekitar 13.000 MW atau terdapat penurunan sekitar 500 MW," kata Bambang.

Bambang mengatakan PLN berharap selama pekerjaan perbaikan menara SUTET hingga Jumat (5/4) tetap mengurangi pemakaian listriknya.

Sebelumnya, PLN berencana memadamkan listrik secara bergilir mulai Senin (1/4) hingga Jumat (5/4)  terkait pekerjaan perbaikan menara SUTET di Sumedang dimulai sejak Kamis (28/3) pukul 22.00 WIB.

"Pekerjaan perbaikan menara SUTET di Sumedang hingga Senin mencapai kemajuan dan ditargetkan akan selesai pada Jumat, sesuai rencaan awal," kata Bambang.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013