Selasa, 2 September 2014

Pendaftaran calon independen Pilkada Kaltim dimulai Mei

Selasa, 2 April 2013 06:52 WIB | 3.780 Views
Balikpapan (ANTARA News) - Tahapan pemilihan gubernur Kalimantan Timur akan memasuki masa pencalonan dengan memberikan kesempatan pertama kepada calon independen atau perseorangan untuk mendaftarkan diri mulai Mei 2013. 

"Untuk calon independen atau calon perseorangan bisa maju mendaftar untuk ikut pemilihan gubernur setelah mendapatkan dukungan sekurangnya 30 persen dari rakyat Kaltim yang memiliki hak suara," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Gamal Rustamaji, Selasa.

Jumlah penduduk Kaltim saat ini, termasuk jumlah penduduk lima kabupaten yang membentuk Provinsi Kalimantan Utara, mencapai 3,5 juta jiwa dan yang memiliki hak pilih mencapai dua per tiganya.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan KPU Provinsi Kaltim, pencalonan perseorangan ini dimulai Mei hingga Juni 2013.

"Untuk perseorangan lebih awal karena mereka kan harus mengumpulkan dulu dukungan sejumlah minimal yang disyaratkan, baru bisa resmi maju ke pencalonan," sebut Ketua KPU Balikpapan yang khas dengan brewoknya itu.

Bagi calon yang diusung partai politik, batas awal pendaftaran ditetapkan Juli 2013.

"Pasangan calon ini juga tidak boleh hanya sepasang saja. Kalau terjadi begitu, maka pemilu akan diulang untuk mencari minimal satu pasangan lagi," kata Gamal.

Pemungutan suara untuk pemilihan gubernur tersebut dijadwalkan berlangsung pada 10 September 2013. Setelah pemenang ditetapkan, pasangan terpilih itu akan dilantik pada 17 Desember 2013.

"Karena pada saat itu masa jabatan gubernur sekarang berakhir," ujarnya.

Meski demikian, anggaran untuk pemilihan gubernur ini belum dipastikan. Menurut Gamal, dirinya belum tahu berapa jumlah yang dialokasikan DPRD dan Pemprov Kaltim untuk pemilihan gubernur tersebut.

Hingga saat ini baru pasangan Awang Faroek Ishak-Mukmin Faisjal yang sudah resmi mendeklarasikan diri untuk maju menjadi calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2013-2018. Keduanya diusung oleh Partai Golkar.

Kemudian Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga sudah menetapkan Ketua DPW PKS Kaltim Hadi Mulyadi untuk menjadi calon gubernur dari partai berlogo bulan sabit kembar itu.

"Kami masih mencari mitra koalisi, karena PKS di DPRD Kaltim masih perlu 3 kursi lagi untuk bisa mencalonkan gubernur-wakil gubernur," kata Syukri Wahid, Ketua DPD PKS Balikpapan.

(KR-NVA/A041)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga