Sukabumi (ANTARA News) - Kementerian Sosial telah melakukan bedah kampung di 24 kabupaten-kota di seluruh Tanah Air selama 2012.

Bedah kampung dilanjutkan pada 2013 yang salah satu lokasi bedah kampung yaitu di Kedusunan Ciangkrek Desa Mekarasih Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi ,Jawa Barat, Selasa yang langsung dihadiri Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri.

Selain di Sukabumi, bedah kampung sebelumnya sudah dilakukan di Lembang, Bekasi, Serang, Pandeglang, Bogor.

Di Jawa Tengah telah dilakukan di Semarang, Wonosobo, Purworejo, Sukoharjo, Banyumas. Sementara di Jawa Timur di Pacitan dan Tulung Agung.

Selain itu juga di Sumatera Barat tepatnya di Payakumbuh dan Padang di Maluku Tulehu-Ambon, Pulau Morotai Maluku Utara, Bone Bolango Gorontalo, di Sulawesi Utara yaitu Sangihe, Tomohon, Marampit. Juga di Kendari Sulawesi Tenggara dan Palu Sulawesi Tengah.

Di setiap wilayah, jumlah rumah yang dibedah bervariasi antara 100 hingga 350 rumah dengan sumber dana dari APBN, APBD dan partisipasi kalangan dunia usaha.

Ada pun pelaksanaannya melalui kepanitiaan yang melibatkan pemerintah daerah, masyarakat, perguruan tinggi, sekolah kejuruan dan kalangan dunia usaha.

Pembangun melibatkan warga setempat. Satu rumah dikerjakan oleh 50 sampai 100 orang, dengan memperhatikan unsur-unsur teknologi dan arsitekturnya seperti tukang batu, mandor dan tukang kayu.

Saat ini terdapat 2,3 juta warga miskin yang belum memiliki rumah layak huni. Setiap tahun Kemensos memiliki anggaran untuk merehabilitasi 15 ribu unit tidak layak huni.

Melalui bedah kampung dimana rata-rata setiap lokasi dibedah 250 rumah maka pada 2012 di 24 kabupaten/kota telah dibedah 6.000 rumah tidak layak huni.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013