...Kali Sabi dan Kali Angke masih dalam proses, karena terkendala proses pembebasan lahan.
Tangerang (ANTARA News) - Wakil Wali Kota Tangerang, Banten, Arief R Wismansyah mengatakan normalisasi dan turap Kali Angke dan Kali Sabi mengalami kendala pembebasan lahan.

"Proses normalisasi yang saat ini telah selesai dilakukan yakni di Kali Cirarab. Sedangkan Kali Sabi dan Kali Angke masih dalam proses, karena terkendala proses pembebasan lahan" kata Arief R. Wismansyah, di Tangerang, Selasa.

Padahal, proses normalisasi Kali Angke yang membentang dari Kelurahan Petir hingga Perumahan Puri Kartika Ciledug diharapkan dapat segera dilaksanakan untuk mengatasi banjir di wilayah Cipondoh, Pinang, Karang Tengah dan Ciledug.

Hanya saja, ada beberapa lahan warga yang masih sulit untuk dilakukan pembebasan. Kemudian, lahan sepanjang 10 hektare milik PT Jamsostek untuk proses normalisasi Kali Sabi pun mengalami kendala yang serupa.

Meski demikian, Pemkot Tangerang telah meminta Dinas PU Kota Tangerang bekerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Provinsi Banten dalam proses pembebasan lahan serta normalisasi kedua kali itu.

"Kita saat ini sedang melakukan pemetaan kembali dan pendekatan terhadap pihak yang lahannya akan dibebaskan," pungkasnya.

Namun, Arief juga mengungkapkan bila proses normalisasi kedua kali tersebut akan menyerap anggaran dari Pemerintah Pusat bukan Pemkot Tangerang. Sebab, anggaran yang dimiliki Pemkot Tangerang sangat terbatas dan telah dialokasikan untuk beberap bidang seperti kesehatan dan pendidikan.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013