Tahun lalu saat turun di PWRC saya berhasil naik podium di Yunani, Spanyol dan Jerman. Saya berharap hasil positif itu bisa terjadi lagi bahkan lebih baik
Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina (Persero) memberikan dukungan penuhh untuk pereli nasional Subhan Aksa dari Bosowa Fastron Rally Team (BFRT) dalam keikutsertaaannya pada kejuaraan reli kelas dunia World Rally Championship (WRC) 2013.

Retail Marketing Manager PT Pertamina (Persero) Unit Lubricants Syafanir Sayuti di Jakarta, Selasa, mengatakan, dukungan yang diberikan pada Subhan Aksa merupakan bentuk perhatian dan dukungan dari perusahaan terhadap atlet-atlet berprestasi.

"Ubang (sapaan akrab Subhan Aksa) sudah tidak asing lagi bagi kami. Kami telah memberikan dukungan sejak lama. Kami juga terus memantau perkembangan prestasi dia," katanya di sela acara Goes to WRC-2 Subhan Aksa.

Menurut dia, selama ini kerja sama yang dilakukan dengan Ubang telah berjalan dengan baik. Jika prestasi yang diraih terus meningkat, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan terus memberikan dukungan terhadap pria asal Makassar itu.

Selain mendukung Ubang, kata dia, pihaknya juga telah memberikan dukungan kepada atlet-atlet nasional yang berprestasi terutama di cabang otomotif seperti Rifat Sungkar, Rio Haryanto, Alexandra Asmasoebrata, bahkan pebalap roda dua Harlan Fadilah.

"Ini adalah salah satu upaya mengharumkan nama bangsa termasuk Pertamina. Makanya, kami berharap semuanya bisa mendapatkan hasil maksimal," katanya menambahkan.

Subhan Aksa pada WRC-2 yang merupakan kelas satu tingkat di bawah WRC ini akan menggunakan kendaraan Ford Fiesta Regional Rally Car (RRC). Saat ini kendaraan tersebut masih dimodifikasi oleh M-Sport.

"Dengan dukungan ini saya berharap bisa meraih hasil maksimal pada kejuaraan nanti. Memang berat tapi kami harus berusaha," kata Subhan Aksa saat dikonfirmasi.

WRC-2 merupakan kelas baru yang merupakan gabungan dari SWRC dan PWRC. Banyak pereli handal yang akan menjadi lawan Ubang diantaranya mantan pebalap F1 Robert Kubica serta beberapa pebalap pabrikan dari Skoda seperti Esapekki Lappi maupun Per-Gunnar Andersson dari Proton.

Pada PWRC 2012, Subhan Aksa yang saat itu didampingi navigator Nicola Arena mampu meraih posisi lima besar.

Khusus untuk WRC-2 2013, Ubang yang juga didampingi navigator asal Italia itu menargetkan mampu mempertahankan posisi atau minimal masuk 10 besar di klasemen akhir.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013