Jumat, 28 November 2014

Gubernur Sulteng pertegas soal Poso ke Konjen AS

| 2.639 Views
id poso, gubernur sulawesi tengah, longki djanggola, konsul konsulat jenderal amerika serikat, joaquin monserrate
Gubernur Sulteng pertegas soal Poso ke Konjen AS
Gubernur Sulteng, Longki Djanggola (FOTO ANTARA/Fiqman Sunandar)
Logikanya kalau keamanan di Poso mempengaruhi Sulawesi Tengah pasti ekonomi di daerah ini hancur-hancuran."
Palu (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mempertegas status keamanan dan dampak konflik di Kabupaten Poso terhadap wilayah Sulawesi Tengah secara keseluruhan di hadapan Konsul Konsulat Jenderal Amerika Serikat Joaquin Monserrate bersama jajarannya di Palu, Selasa sore.

Longki Djanggola mengatakan gangguan keamanan yang kerap terjadi di Poso sama sekali tidak mempengaruhi kondisi keamanan secara keseluruhan di Sulawesi Tengah.

"Poso ya Poso. Sama sekali Poso tidak mempengaruhi Kota Palu dan daerah lainnya di Sulawesi Tengah," kata Longki.

Dia mengatakan orang luar melihat Poso sama dengan melihat satu Sulawesi Tengah sehingga terbentuk opini seakan-akan gangguan keamanan di Poso juga pengaruhi keamanan se Sulawesi Tengah.

"Poso itu satu dari 11 kabupaten dan kota di daerah kami," katanya.

Data statistik kata Longki juga menunjukkan tidak adanya pengaruh gangguan keamanan Poso terhadap pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah yang pada 2012 mencapai 9,27 persen.

Pertumbuhan itu jauh di atas rata-rata nasional yang hanya 6,23 persen.

"Logikanya kalau keamanan di Poso mempengaruhi Sulawesi Tengah pasti ekonomi di daerah ini hancur-hancuran," katanya.

Longki mengatakan gangguan keamanan di Poso beberapa waktu terjadi hanya karena ketidaksenangan orang tertentu terhadap aparat kepolisian.

Sementara itu Wakin, panggilan Joaquin Monserrate mengatakan hingga saat ini orang asing khususnya kalangan investor mengangap Poso masih menakutkan.

"Pendapat investor Barat tetap takut walaupun ada pengamanan," katanya.

Wakin mengatakan beberapa waktu lalu dirinya sudah berkunjung ke Poso dan berkesimpulan bahwa orang Poso tidak ingin lagi ada konflik di daerah itu.

Wakin bersama beberapa pejabat di Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya melihat sudah adanya kemajuan di wilayah ini.

Dia mengatakan situasi itu berbeda saat dirinya berkunjung ke Sulawesi Tengah sekitar 10 tahun lalu. "Kelihatan kota ini lebih maju, pembangunan dimana-mana," katanya.

Menurut rencana Wakin bersama rombongan akan berada di Palu hingga Kamis (4/4) selanjutnya akan menuju Makassar, Sulawesi Selatan. (A055/Z003)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga