Jakarta (ANTARA News) - Google Inc akan meluncurkan satu versi baru tablet Nexus 7 yang berprosesor Snapdragon dari Qualcomm Inc sekitar Juli mendatang.

Google berniat mengapalkan 8 juta tablet buatan-Asustek itu pada semester kedua tahun ini, melempar tantangan untuk tablet low-end lainnya seperti Amazon Kindle Fire dan Apple iPad mini, menurut Reuters mengutip sumber-sumber yang mengetahui tentang produk baru tersebut.

Ini merupakan informasi detil pertama mengenai tanggal dan target penjualan tablet baru Google yang diungkap, meskipun perusahaan belum secara resmi merilis informasi apa pun kepada publik.

Google, yang mendapat hampir semua penghasilannya dari iklan online, ingin table berharga agresif Nexus ingin menjadi hit karena semakin banyak pengguna Nexus akan berarti banyak eksposur untuk iklan Google.

Versi baru Nexus akan memiliki layar dengan resolusi lebih tinggi, desain bezel tipis, dan mengadopsi chip Qualcomm, berbeda dengan Nexus 7s pertama yang menggunakan chip Tegra 3 dari Nvidia.

Google yang sempat mempertimbangkan dua prosesor dari dua pabrikan berbeda itu, akhirnya memilih chip Qualcomm karena alasan daya.

Google mungkin akan membandrol tablet barunya itu dengan harga 199 dolar, sama seperti generasi pertama yang diluncurkan Juni tahun lalu, sementara iPad mini termurah dijual di atas 300 dolar.
 

Pewarta: Suryanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013