Jakarta (ANTARA News) - Uji coba penggunaan lajur sebaliknya untuk kendaran dari arah berbeda (contra flow) pada ruas tol Cawang-Rawamangun akan dilakukan selama tiga hari mulai  Jumat (5/4) pukul 06.00-10.00 WIB. 

"Uji coba contra flow mulai besok, Senin (8/4), dan Selasa (9/4) khusus kendaraan kecil ,"kata Manajer Divisi Pemeliharaan dan Pelayanan PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk, R. Bagus Medi Suarso, di Jakarta, Kamis.

Contra flow akan dimulai dari KM 00+200 sampai dengan KM 06+00 dengan tujuan mengurangi kepadatan arus lalu lintas di ruas tol tersebut, khususnya di pagi hari. Hal itu karena arus sebaliknya yaitu Priok-Cawang, kata dia, lebih sedikit,  hanya19-20 ribu kendaraan, sedangkan Cawang-Rawamangun sekitar 30-40 ribu kendaraan.

Ia mengakui contra flow di ruas Cawang - Rawamangun ini agak berat karena kondisi ruas di lintas ini tidak lebar dan bahu jalan yang sempit. "Lajurnya hanya 3,25 meter dan bahunya 1,25 meter," katanya.

Selain itu, kata dia, pada ruas Cawang-Priok bertemu tiga arus yakni dari Bekasi, Jagorawi dan Semanggi. Uji coba tersebut akan menentukan efektif dan tidaknya contra flow di lajur tersebut. 

Polda Metro Jaya menyiapkan sedikitnya 15 personil untuk mengamankan uji coba tersebut. "Kalau kurang kami tambah," kata Kasatlantas PJR Polda Metro Jaya, AKBP H.M. Jazari.

Ia mengimbau, pengemudi kendaraan di jalur contra flow  menyalakan lampu mobil demi keamanan dan keselamatan pengguna tol.

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2013