Seoul (ANTARA News) - Korea Utara sepertinya tengah bersiap melakukan uji coba nuklir keempatnya di situs sama dengan tempat uji coba uji coba nuklir sebelumnya, lapor satu koran Korea Selatan mengutip sumber pemerintah Selatan seperti dilaporkan Reuters.

Dalam beberapa pekan terakhir Korea Utara berulangkali mengeluarkan peringatan dengan mengumumkan negara itu masuk kondisi perang dengan Seoul, mengancam menyerang sasaran-sasaran milik AS dan memblokir akses ke kawasan industri yang dioperasikan bersama dengan Selatan.

"Ada gerakan manusia dan wahana yang aktif belakangan ini di terowongan selatan di Punggye-ri," lapor suratkabar JoongAng Ilbo mengutip seorang pejabat pemerintah Korea Selatan. Terowongan yang dimaksud sang pejabat adalah situs uji coba nuklir Korea Utara.

"Kami terus memonitornya karena situasinya terlihat mirip dengan perilaku sebelumnya pada uji coba nuklir ketiga," kata sang pejabat seperti dikutip Reuters.

Pejabat ini tidak merinci apakah aktivitas Utara itu bertujuan untuk mengelabui pengawasan AS.

Uji coba nuklir 12 Februari lalu telah mendorong diterapkannya sanksi PBB yang lebih keras dan memicu tanggapan bermusuhan dari Pyongyang.

Februari lalu Menteri Pertahanan Korea Selatan berkata kepada parlemen bahwa setelah uji coba nuklir ketiga, maka mungkin saja ada uji coba berikutnya.

Media Korea Selatan sebelumnya melaporkan Pyongyang telah menggeser rudal jarak menengah Musudan ke pesisir timur negeri itu.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013