Makassar (ANTARA News) - Kawasan pusat penjualan emas yang juga merupakan kawasan pecinan di Jalan Somba Opu, Makassar dijaga ketat aparat TNI.

"Penjagaan ini terkait dengan pelantikan Gubernur Sulsel terpilih," kata salah seorang penjual emas Alex yang mengaku agak risih membuka toko karena dijaga aparat, Senin.

Pelantikan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih H Syahrul Yasin Limpo dan H Agus Arifin Nukmang, setelah memenangi Pilkada Sulsel 2013 dari dua pasang lawan politiknya, masing-masing H Ilham Arif Sirajuddin - Azis Qahhar Mudzakkar dan H Rudiyanto Asapa - Andi Nawir.

Selain kawasan pusat penjualan emas dan kawasan pecinan yang dijaga ketat, kantor-kantor strategis seperti bank, gedung DPRD dan kantor pemerintah juga mendapat pengawasan ketat dari aparat TNI dan kepolisian.

Menurut salah seorang karyawan PT Bank Panin Nurlia, untuk sampai ke kantornya harus melewati jalanan yang berliku-liku karena jalan yang berada di dekat Rumah Dinas gubernur Sulsel ditutup.

"Saya juga harus menjelaskan pada pihak keamanan pada beberapa pos penjagaan, bahwa saya karyawan yang berkerja tak jauh dari lokasi pelantikan gubernur," katanya.

Penjagaan ketat di sejumlah titik di Kota Makassar bertujuan untuk mengamankan jalannya pelantikan gubernur terpilih oleh pihak Mendagri.

Selain itu, juga karena sejumlah pejabat penting dari jajaran menteri hingga Muspida Sulsel turut hadir untuk menyaksikan pelantikan gubernur Sulsel terpilih periode 2013 - 2018.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013