Saya mengimbau seluruh kader HMI agar tidak terpancing isu untuk cepat mengambil keputusan, bahwa tertundanya kongres karena urusan politik. Ini hanya urusan taknis saja. Bahwa ada dinamika dalam kongres itu hal biasa."
Jakarta (ANTARA News) - Presidium Kongres Himpunan Mahaiswa Islam (HMI) ke-28 memutuskan, kongres HMI ke-28 secara resmi ditunda dan akan dilanjutkan dalam waktu secepatnya. 

"Penundaan kongres ini terkait masalah teknis berupa perpanjangan waktu dan juga tempat kongres. Kami masih berkoordinasi dengan penitia pengarah (SC), panitia pelaksana (OC), dan elemen terkait agar bisa melanjutkan kongres ini," kata Presidium Kongres HMI dari Badko Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Saifudin, melalui siaran persnya, Senin.

Sebelumnya, Presidium Kongres HMI ke-28 memutuskan menunda menunda kongres ke-28 HMI, yang ditandatangani oleh Badko Sulut-Gorontalo Riyanto Ismail, Badko Jateng-DIY Saifudin, Badko Papua-Papua Barat Bambang Reddtob, Badko Maluku-Maluku Utara Zulfitra Hasyim, Badko Sulawesi Selatan-Sulawesi Barat Muhammad Amin, Badko Sumatera Bagian Selatan Wiwin Zutrayadi, serta Perwakilan Cabang Makassar Timur Syarifudin.

Saifudin menjelaskan, sebenarnya materi krusial yang membuat kongres HMI ini ditunda adalah proses pemilihan ketua umum, yang dibahas di komisi D yang juga mengagendakan kejadian-kejadian penting dalam organisasi.

"Di dalam komisi D sudah dibahas soal pemilihan ketua umum, namun ketika memasuki sidang pleno persoalan menjadi hangat dan cendrung meruncing. Tidak ada titik temu sehingga mengalami kebuntuan," papar Saifudin.

Pernyataan yang sama disampaikan Wiwin Zutrayadi dari Badko Sumbagsel.

Menurut Wiwin, penundaan kongres ini hanya semata persoalan teknis yakni tempat dan waktu kelanjutannya.

Pihak Presidium bersama SC dan CC, menurut dia, terus mencari upaya solusi terbaik guna melanjutkan kongres HMI ini sehingga terpilih ketua umum baru.

"Saya mengimbau seluruh kader HMI agar tidak terpancing isu untuk cepat mengambil keputusan, bahwa tertundanya kongres karena urusan politik. Ini hanya urusan taknis saja. Bahwa ada dinamika dalam kongres itu hal biasa," kata Wiwin.

Berlarutnya materi pemilihan ketua umum HMI karena mengalami kebuntuan, tambah Wiwin, sehingga harus ditunda karena tempat dan waktu kongres di Gedung Pusdiklat Graha Insan Cita, Depok, Jawa Barat, telah habis masa penggunaan pada 27 Maret hingga 4 April 2013.

Menurut Saifudin, Presidium Kongres HMI telah menjalankan tugas sesuai fungsi dan wewenang yang mengacu pada AD/ART dan aspirasi yang berkembang hingga mencapai komisi-komisi dan pleno III.

Berdasarkan catatan HMI, kongres HMI tahun 2013 ini adalah yang terlama sepanjang sejarah HMI.

Kongres HMI telah dibuka di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, pada 15 Maret 2013 tapi hingga 22 Maret, belum juga ada keputusan.

Kongres kemudian dilanjutkan ke Pusdiklat Graha Insan Cita, Depok, Jawa Barat, pada 27 Maret hingga 4 April 2013, tapi ternyata masih menemui jalan buntu untuk materi pemilihan ketua umum HMI. (R024)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013