Senin, 20 Oktober 2014

Trojan lewat Skype jadikan komputer tambang Bitcoin

| 5.500 Views
id Kaspersky, Trojan, anti virus, bitcoin, tambang, komputer, skype, malware, hacker , matematika
Korban trojan Skype ini kebanyakan berasal dari Italia, Rusia, Polandia, Kosta Rika, Spanyol, Jerman, dan beberapa negara lainnya."
Jakarta (ANTARA News) - Kaspersky baru-baru ini melaporkan bahwa telah ditemukan sebuah trojan yang memanfaatkan Skype sebagai tambang Bitcoin. Bitcoin adalah mata uang virtual universal yang digunakan di Internet untuk berbagai keperluan komersial termasuk membeli barang nyata.

Antivirus Kaspersky Labs mengatakan Trojan disebarkan melalui pesan instan Skype yang berisi tautan pendek dalam berbagai bahasa yang disebut sebagai gambar dari sang pengirim, seperti dilansir dalam laman BBC, Senin.

Jika pesan tersebut dibuka maka trojan akan masuk dan ternyata telah menyebar luas dengan kecepatan rata-rata 2000 klik per jam. 

Trojan ini disinyalir muncul karena semakin tingginya nilai Bitcoin dalam beberapa pekan terakhir.

Satu Bitcoin saat ini berdasarkan situs Mt Gox mencapai harga 186 dolar AS atau sekitar Rp1,8 juta setelah bulan lalu berada di harga 92 dolar AS atau setara Rp892 ribu. Tidak seperti mata uang lainnya, Bitcoins tidak dikeluarkan oleh bank sentral atau otoritas pusat lainnya.

Sebaliknya, pengguna dihargai dalam proses yang disebut "tambang". Koin akan dikeluarkan ketika mereka memecahkan masalah matematika yang rumit menggunakan komputer.

Penambangan Bitcoin dilakukan dengan cara memanfaatkan komputer untuk melakukan komputasi matematis rumit untuk jaringan Bitcoin yang digunakan untuk mengkonfirmasi transaksi dan meningkatkan keamanannya.

Kenaikan tersebut dipercaya membuat "hacker" tertarik mengumpulkan Bitcoin dengan memasukkan trojan ke komputer korban sebanyak-banyaknya.

"Korban trojan Skype ini kebanyakan berasal dari Italia, Rusia, Polandia, Kosta Rika, Spanyol, Jerman, dan beberapa negara lainnya," ujar  Dmitry Bestuzhev dari Kaspersky Labs.

Trojan ini diidentifikasi oleh Kaspersky dengan nama Trojan.Win32.Jorik.IRCbot.xkt dan menjalankan proses bernama bitcoin-miner.exe. Malware tersebut akan terhubung ke server C2 yang berlokasi di Jerman dengan alamat internet 213.165.68.138:9000. (*)

Penerjemah: Azis Kurmala

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga