Selasa, 23 September 2014

Pendaftaran calon legislatif Kota Bogor masih sepi

Rabu, 10 April 2013 20:29 WIB | 2.429 Views
Bogor (ANTARA News) - Pendaftaran calon legislatif (Caleg) 2014 sejak dibuka pada 9 April di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Jawa Barat masih sepi dari aktivitas pelamar.

"Sampai hari ini kami (KPU) belum menerima pendaftaran calon legeslatif dari partai politik," kata Ketua KPU Kota Bogor Agus Tegug Suryaman di Bogor, Rabu.

Agus menyebutkan bahwa sudah hal biasa dihari awal pendaftaran belum ada partai politik yang mendaftarkan calegnya.

Menurut Agus, para caleg akan mulai mendaftar pada pertengahan tanggal diberlakukannya pendaftaran. "Biasanya dipertengahan mulai tanggal 14 April itu sudah mulai mendaftar," kata Agus.

Agus menyebutkan sudah menjadi tradisi pendaftaran di Indonesia selalu dilakukan akhir sebelum batas waktu berakhir.

Menurut Agus, hal ini sengaja dilakukan para partai politik untuk memanfaatkan situasi maupun mencari moment yang tepat untuk mendaftar.

Suasana di Kantor KPU Kota Bogor, setelah hari ke dua dibukanya pendaftaran Caleg 2014 masih terlihat sepi dan beraktivitas seperti biasa.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, KPU Kota Bogor membuka pendaftaran caleg mulai Selasa 9 April hingga 22 April mendatang.

Seluruh partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2014 berkesempatan mendaftarkan para kadernya sebagai calon legeslatif sesuai dengan jumlah kursi yang ada di legeslatif.

Pendaftaran caleg harus memenuhi syarat sesuai dengan Peraturan KPU nomor 8 tahun 2012 dan teknis pencalonan sesuai dengan PKKPU nomor 7 tahun 2013 tentang Tata cara pencalonan legeslatif.

Sementara itu, KPU telah menetapkan jumlah daerah pemilihan (Dapil) di Kota Bogor sebanyak 5 dapil.

Lima dapil tersebut yakni Dapil Bogor Timur-Tengah, Dapil Bogor Barat, Dapil Bogor Utara, Dapil Bogor Selatan dan Dapil Tanah Sareal.

Agus menambahkan, pendaftaran yang dilakukan dipertengahan atau akhir jadwal pendaftaran tidak menjadi kendala asal para caleg mendaftar sebelum habis waktu yang ditetapkan.

"Selama masih dalam batas waktu masih kita layani, tidak masalah daftar diakhir jadwal, batasnya sampai tanggal 22 April pukul 16.00 WIB," ujar Agus.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga