"Bu Mari saya rasa punya peluang yang bagus."
Jakarta (ANTARA News) - Mari Elka Pangestu berpeluang besar menjadi Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) setelah mendapat dukungan dari negara-negara Asia Tenggara, kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa.

"Bu Mari saya rasa punya peluang yang bagus. Saya baru pulang dari Brunei, kawan-kawan dari ASEAN semua sepakat untuk mendukung," ujarnya di Kompleks Istana, Jakarta, Kamis.

Menurut Hatta, kunci kemenangan Mari juga terletak pada dukungan negara-negara Afrika karena pihak negara-negara Amerika Latin akan mendukung kandidat dari Meksiko.

"Kunci kita dukungan dari negara-negara Afrika. China kita sudah lakukan pendekatan-pendekatan. Jadi, saya sungguh yakin bahwa dalam eliminasi ke dalam empat besar Bu Mari bisa masuk ke situ," katanya.

Hatta mengatakan, apabila Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu berhasil terpilih menjadi Dirjen WTO, maka posisinya akan mengangkat nama Indonesia.

"Tentu ini akan mengangkat martabat bangsa, di samping kita bisa memainkan peran yang sangat strategis dalam menjaga keseimbangan perekonomian global, terutama dalam perdagangan," katanya.

Ia pun seraya merujuk pada putaran perundingan Doha yang tidak kunjung selesai, padahal dapat menjadi satu upaya menjaga keseimbangan perekonomian global.
(T.G003/E001)

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013