Selasa, 29 Juli 2014

Padang alokasikan Rp600 juta untuk Tour de Singkarak

Jumat, 12 April 2013 08:33 WIB | 2.491 Views
Padang alokasikan Rp600 juta untuk Tour de Singkarak
Pembalap Terbaik Tour de Singkarak 2012 Pebalap sepeda Azad University Team Iran, Oscar Pujol Munoz, melakukan selebrasi (FOTO ANTARA/Ismar Patrizki) ()
Padang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, mengalokasi dana sebesar Rp600 juta untuk kejuaraan balap sepeda Tour De Singkarak (TDS) yang akan belangsung pada Juni 2013.

"Dana tersebut sudah ada di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang Tahun 2013," kata Wali Kota Padang Fauzi Bahar di Padang, Jumat.

Sebanyak tujuh kota dan sembilan kabupaten di Sumbar yang terlibat dalam penyelenggaraan TDS, antara lain yakni Padang, Pariaman, Padang Panjang, Solok, Bukittinggi, Sawahlunto, Payakumbuhn Solok, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Sijunjung, Tanah Datar, Lima Puluh Kota, Agam, dan dua kabupaten lain akan melalui proses survei terlebih dahulu.

Fauzi Bahar menjelasakan anggaran tersebut akan dipergunakan untuk segala keperluan sarana dan prasarana pada pelaksanaan kegiatan internasional tersebut.

"Ada banyak item, mulai dari konsumsi hingga sarana dan prasarana yang ikut menunjang pelaksanaan balap sepada TDS tahun 2013," kata dia.

Pemkot Padang akan segera memperbaiki jalan yang rusak agar bisa dilalui dengan lancar dan aman oleh pebalap sepeda saat TDS mendatang.

"Pekerjaan dan perbaikan jalan itu nantinya ditargetkan selesai sebelum ajang TDS yang direncanakan dilaksanakan pada 2-9 Juni 2013, sehingga bisa dilewati peserta kejuaran balap sepeda TDS itu," kata dia.

Untuk bisa menyelenggarakan kegiatan akbar tahunan itu, Pemkot Padang telah menyiapkan penginapan yang layak.

"Persyaratan sudah kita penuhi dengan penginapan hotel yang dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai untuk tamu yang menginap," kata dia.

Dia mengatakan kejuaran balap sepeda TDS menjadikan jalan promosi Kota Padang untuk memasarkan kuliner dan keindahan alam kepada tamu asing.

"Ada kuliner rendang yang sudah mendunia dan segera kami berdayakan usaha-usaha mandiri untuk suvenir dan promosi pariwisata," kata dia.

"Marilah bersama kita sukseskan TDS Tahun 2013, demi kemajuan pariwisata Kota Padang, bagaimanpun juga kejuaraan balap sepeda TDS dapat menggairahkan perekonomian masyarakat," kata dia.

Kejuaraan balap sepeda TDS 2013 bakal digelar pada 2-9 Juni 2013, dengan total jarak yang dilombakan meningkat dari 854 kilometer menjadi 1.000 kilometer.

Total hadiah yang diperebutkan juga ditingkatkan dari Rp1 miliar pada tahun lalu menjadi Rp1,2 miliar pada 2013 untuk 25 tim yang berpartisipasi.

"Melalui penyelenggaraan TDS 2013, pariwisata Sumbar semakin berkembang dan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dan juga memperkokoh Sumbar sebagai destinasi unggulan wisata di Indonesia dan dunia," katanya. 

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga