Jakarta (ANTARA News) - Sepak bola Indonesia ternyata tidak lebih baik dari Afghanistan, negara sesama di Asia yang hingga sekarang masih dilanda peperangan, setidaknya itu lah berdasarkan ranking yang dilansir FIFA saat ini.

Berdasarkan ranking federasi sepak bola internasional (FIFA), Indonesia berada di urutan ke-170 dunia, di bawah negara-negara seperti Palestina, Bangladesh, Myanmar, Kepulauan Solomon, bahkan Aruba, negara yang jarang "terdengar" namanya.

Peringkat Indonesia, mengutip ranking FIFA pada Jumat, posisinya telah melorot empat peringkat ke urutan 170, sementara Afghanistan berada di urutan 139, setelah pada pertengahan Maret lalu naik 48 tingkat ke peringkat 141.

Prestasi Afghanistan itu tidak lain karena kemajuannya dalam kancah kualifikasi AFC Challenge Cup 2014 baru-baru ini. Afghanistan melompat jauh dari ranking 173 ke 141 setelah mengalahkan Sri Lanka 1-0 pada Maret lalu, dan naik lagi dua peringkat ke posisi 139 saat ini.

Sementara Indonesia dalam penampilan terakhir di kandang sendiri harus mengakui ketangguhan Arab Saudi yang mengalahkannya dengan skor 1-2.

Pewarta: Suryanto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013