Kami melakukan investigasi, menjelaskan kepada publik duduk perkaranya kok lambat pengirimannya"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggeser jadwal ujian di sebelas provinsi kawasan Indonesia Tengah menjadi Kamis (22/4) yang awalnya mulai Senin esok (15/4).

"Kami memohon maaf sebesar-besarnya karena ini murni persoalan teknis," kata Menteri Pendidikan Muhammad Nuh saat Jumpa Pers UN 2013 di Jakarta, Minggu.

Nuh menjelaskan dari enam perusahaan percetakan pemenang tender soal UN 2013, satu perusahaan masih menghadapi kendala teknis, yakni PT Galia Printing Indonesia.

"Tadi, Pak Presiden telepon saya menanyakan kapan UN akan dimulai, saya menyampaikan ada persoalan teknis di sebelas provinsi," katanya.

Kesebelas provinsi itu adalah Kalimantan Selatan, Kalimatan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo dan Sulawesi Barat.

"Kami melakukan investigasi, menjelaskan kepada publik duduk perkaranya kok lambat pengirimannya karena atensi yang sangat khusus untuk UN ini, terutama merampungkan kawasan Indonesia tengah," katanya.

Setelah melakukan investigasi, Nuh menjelaskan kendala teknis, berupa memasukkan soal ke amplop sesuai dengan tipe nomor, mata pelajaran serta dimasukkan ke kotak untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah.

Nuh memastikan soal-soal dari ketiga kawasan Indonesia --barat, tengah dan timur-- berbeda satu sama lain.

Direktur Utama PT Galia Printing Indonesia Hamzah Lukman meminta maaf atas keterlamabatan pengiriman soal UN yang seharusnya sudah siap tiga hari sebelum Ujian Nasional diselenggarakan.

"Kita punya banyak bahan materi tidak tertampung, agak terhambat tapi kami berkomitmen untuk menambah tenaga dan bekerja 24 jam," katanya.

Jadwal UN SMA/SMK/MA di 11 provinsi bergeser dari Senin (15/4) menjadi Kamis (22/4)  untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selasa (16/4) menjadi Selasa (23/4) untuk Bahasa Inggris, Fisika (IPA), Ekonomi (IPS), Bahasa Asing (Bahasa) dan Tafsir (MA).

Rabu (17/4) menjadi Jumat (19/4) untuk Matematika, dan Kamis (18/4) menjadi Kamis (25/4) untuk imia dan Biologi (IPA), Sosiologi dan Geografi (IPS), Antropologi dan Sastra Indonesia (Bahasa) serta Fikih dan Hadis (MA).

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013