Jumat, 29 Agustus 2014

Siswa harus percaya diri hadapi UN

Senin, 15 April 2013 10:38 WIB | 1.726 Views
Siswa harus percaya diri hadapi UN
Ilustrasi. Sejumlah pelajar SMA Negeri 5 Medan memanjatkan doa ketika mengikuti zikir bersama ratusan rekannya di Medan, Sumut, Sabtu (6/5). (FOTO ANTARA/Septianda Perdana)
Ambon (ANTARA News) - Wakil Wali Kota (Wawali) Ambon M.A.S Latuconsina berpesan agar siswa SMA dan sederajat tetap percaya diri menghadapi ujian nasional (UN) yang dilaksanakan 15-18 April 2013.

"UN merupakan sarana evaluasi pembelajaran, karena itu siswa tidak perlu takut dan menjadikan ujian sebagai momok, tetapi harus percaya diri menghadapi ujian," katanya saat membuka sampul UN di SMA Negeri 2 Ambon, Senin.

Menurut dia, yang harus dilakukan siswa adalah melakukan persiapan sebaik-baiknya, berdoa dan konsentrasi dalam menjawab soal.

Dalam kesempatan, Wakil Wali Kota juga menyinggung tentang kebocoran soal. Ia menegaskan Kemendikbud telah mengantisipasi kebocoran soal dengan menyiapkan 20 paket soal.

Selain itu soal UN distribusikan satu jam jelang pelaksanaan UN, sehingga kemungkinan tidak akan ada kebocoran soal.

"Kebocoran soal UN bukan masalah lokal tetapi nasional, tetapi dipastikan tahun ini tidak akan terjadi, karena dalam satu ruangan 20 siswa dan 20 paket soal sehingga tidak mungkin terjadi kebocoran," katanya.

Ia juga mengingatkan siswa untuk tidak memercayai selebaran atau pesan singkat yang memuat kunci jawaban.

Ia pun optimistis angka kelulusan UN di Ambon lebih tinggi dibandingkan 2012."Kita harapkan tahun ini angka kelulusan di Ambon semakin membaik dengan persiapan yang baik oleh sekolah, sehingga dipastikan hasil juga akan berkualitas," katanya.

UN 2013 di Ambon diikuti 6.462 siswa SMA dan sederajat, terdiri dari 4.749 siswa SMA, 1.484 siswa SMK, dan 229 siswa MA.

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga