Jakarta (ANTARA News) - Balap motor Pertamina Enduro Comet KYT R9 BRT the Master of Matic Race 2013 di Sirkuit Karting Sentul, Jawa Barat, 20-21 April bakal melombakan kelas khusus wanita untuk memperingati Hari Kartini.

Pada kejuaraan seri pertama dari lima seri yang direncanakan oleh Trendypromo Mandira pimpinan Helmy Sungkar ini akan mempertandingkan sembilan kelas termasuk kelas khusus wanita.

"Kelas yang dilombakan sama dengan tahun lalu. Hanya saja sekarang ditambah kelas khusus wanita untuk memperingati Hari Kartini," kata pimpinan perlombaan Toddy Andries di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, digelarnya "Pertamina Enduro Comet KYT R9 BRT The Master of Matic Race 2013" merupakan bentuk apresiasi terhadap perkembangan motor skutik di Tanah Air. Selama ini perkembangan kendaraan bermotor roda dua dengan transmisi otomatis ini cukup pesat.

Khusus untuk kelas wanita, kata dia, sedikitnya ada 15 pebalap yang sudah siap menunjukkan kemampuan terbaiknya di sirkuit kecil Sentul. Para pebalap ini akan mengendarai kendaraan yang dimodifikasi.

"Khusus untuk kelas wanita kemungkinan besar akan menggunakan motor Suzuki Nex yang telah dimodifikasi baik CDI, knalpot maupun ban," kata Toddy Andries menambahkan.

Sesuai dengan jadwal yang ada, persiapan mulai dari pengecekan kendaraan kemudian dilanjutkan dengan "briefing", pelaksanaan latihan resmi dan Qualifying Time Trial (QTT) beberapa kelas pada Sabtu (20/4).

Selanjutnya, Minggu (21/4), balapan resmi yang memperebutkan hadiah total sekitar Rp70 juta ini akan digelar dan dimulai dengan babak-babak penyisihan yang dilanjukan dengan babak final.

Selain mendapatkan hadiah uang tunai, pebalap terbaik juga mendapatkan hadiah tambahan dari sponsor. Begitu juga dengan penonton. Pihak panitia dalam hal ini Trendypromo Mandira juga memberikan doorprize usai perlombaan berlangsung.

Berdasarkan data yang ada, minat pebalap turun di Matic Race cukup tinggi. Terbukti dari lima seri yang digelar 2012 lalu ada 1.400 pebalap bersaing dalam ajang itu.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013