Sabtu, 29 November 2014

Bank BUMN diminta sampaikan kajian pembentukan syariah

| 2.302 Views
id bank bumn, bank bumn syariah, Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Jasa, Gatot Trihargo
Minggu depan kami akan memanggil masing-masing direksi BUMN untuk mengetahui platform yang diusulkan terhadap rencana pembentukan Bank BUMN Syariah,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian BUMN meminta Direksi Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN menyampaikan kajian rencana pembentukan Bank BUMN Syariah yang merupakan konversi dari bank konvensional.

"Minggu depan kami akan memanggil masing-masing direksi BUMN untuk mengetahui platform yang diusulkan terhadap rencana pembentukan Bank BUMN Syariah," kata Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Jasa, Gatot Trihargo, di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa.

Menurut Gatot, permintaan penyampaian platform tersebut untuk lebih mendalami bagaimana rencana tersebut dapat direalisasikan, karena bank juga terkait dengan berbagai layanan lainnya seperti asuransi, termasuk layanan syariah yang sudah dijalankan melalui unit atau anak usaha perbankan.

Meski begitu, Gatot tidak bersedia memberi keterangan lebih lanjut soal rencana pembentukan Bank BUMN Syariah tersebut, karena masih harus melalui pembahasan.

Pembentukan atau pengalihan dari bank konvensional menjadi bank syariah BUMN juga terkait dengan Peraturan Bank Indonesia terkait kepemilikan saham tunggal (single presence policy/SPP).

"SPP itu salah satunya syariah," ujarnya.

Diketahui, Dewan Syariah Nasional, Bank Indonesia, dan sejumlah ekonom menyarankan agar pemerintah mengonversi salah satu bank BUMN yang fokus ke sektor mikro menjadi bank syariah secara penuh.

Pilihannya bisa BRI atau BTN, sehingga nantinya 100 persen bank syariah, bukan lagi bank konvensional seperti saat ini.

Dengan penetapan satu bank BUMN Syariah, maka akan berdampak signifikan terhadap pangsa pasar syariah di Tanah Air.

Gatot mengakui, wacana tersebut bisa saja direalisasikan karena melihat pangsa pasar bank syariah masih sangat kecil atau sekitar 4 persen dari total pangsa pasar perbankan nasional.

Sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan menyatakan siap menjadikan salah satu bank BUMN untuk dikonversi dari bank konvensional menjadi bank syariah.

"Pengalihan satu bank BUMN menjadi bank syariah pada prinsipnya merupakan ide yang bagus. Saya kira tidak ada masalah, sehingga harus dapat direalisasikan," kata Dahlan.

Untuk itu tambahnya, Kementerian BUMN sudah membentuk Tim untuk mengkaji kemungkinan pembentukan Bank BUMN Syariah yang dimaksud.

"Selama ini bank-bank BUMN memiliki layanan syariah seperti Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah, namun sebatas anak usaha. Kita ingin ada bank BUMN Syariah yang benar-benar murni syariah," tukas Dahlan.


Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga