Kamis, 21 Agustus 2014

Jumlah pencari kerja terus meningkat

Jumat, 19 April 2013 07:55 WIB | 2.572 Views
Jumlah pencari kerja terus meningkat
ILUSTRASI - Jumlah pencari kerja terus meningkat.(ANTARA/M Agung Rajasa)
Nanga Bulik, Kalteng, (ANTARA News ) - Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sosnakertras), Kalimantan Tengah, Yuano mengatakan jumlah pencari kerja setiap tahunnya terus meningkat hal ini terlihat dari Bursa Kerja Online (BKOL).

Jumlah pencari kerja di Kabupaten Lamandau cukup tinggi, diamana setiap tahunnya tercatat ribuan yang mencari kerja dan untuk tahun 2012 saja jumlah pencari kerja kita, 2.969 orang dan akan terus bertambah pada tahun 2013, kata Yuano, Jum'at.

Tingginya jumlah pencari kerja di kabupaten Lamandau tentu dipengaruhi dengan perkembangan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah.

Selain itu terus bertambahnya jumlah penduduk, serta adanya lulusan sekolah yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi.

Dalam hal pencari tenaga kerja dan jumlah lapangan pekerjaan tentu sangat berbeda jauh, karena saat ini tenaga kerja yang ada sebanyak 15.687 orang sedangkan tenaga kerja asing sebanyak 41 orang, hal ini sesuai laporan dari perusahaan setiap 3 bulan sekali, walaupun dinas mengharapkan laporan itu dilakukan setiap bulannya.

Selama ini dinas juga kesulitan dalam hal jumlah tenaga kerja, karena pencari tenaga kerja tidak diketahui apakah sudah bekerja atau tidak sebab, kartu kuning yang mereka cari selama ini tidak pernah kembali.

Yuano juga mengatakan bursa kerja online adalah sarana (media) yang berisi mekanisme untuk mempertemukan pencari kerja dengan pekerjaan yang diinginkan dan pemberi kerja (pengusaha) dengan tenaga kerja yang dibutuhkan secara cepat dan tepat, dengan basis teknologi informasi (internet).

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga