Anggun itu luar biasa. Di luar, karakter Indonesianya kuat sekali. Begitu masuk ke Indonesia dia masih ngomong Jawa"
Jakarta (ANTARA News) - Bagi musisi yang ingin berkarir di dalam dan luar negeri, Bens Leo menyarankan mereka untuk memiliki dua manajemen.

"Saya menyarankan musisi yang sudah mencicipi karir di luar negeri untuk mempunyai dua manajemen, lokal dan di luar negeri," kata Bens Leo pada Dialog Industri Musik (18/04).

Dia menganggap manajemen yang mengurus hal-hal di luar negeri akan menciptakan kondisi terbaik agar dapat diterima mata internasional.

Manajemen di luar negeri juga dianggap Bens dapat meminimalisasi kesalahan agar jalannya di luar negeri melaju mulus. 

Dia mencontohkan penyanyi Agnes Monica yang disebutnya sudah harus mulai memakai manajemen luar, jangan cuma kakaknya.

"Akhirnya yang terjadi pakai kostum yang nggak pas saat pra-Grammy karena secara manajemen nggak memikirkan efeknya seperti apa kira-kira. Kan jarang orang pra-Grammy ada dari Indonesia, itu kenapa nggak dimanfaatkan. Itu kalau manajemennya orang luar, dia akan di-create 'Lo pakai batik, batiknya didesain seperti ini'. Mendingan kayak Anggun aja," paparnya.

Sebaliknya Bens memuji penampilan Anggun C. Sasmi yang mempesona dan eksotis di luar negeri dengan penampilan Asia-nya, dengan kulit cokelat dan rambut hitam panjang.

"Anggun itu luar biasa. Di luar, karakter Indonesianya kuat sekali. Dengan wajah Timur berkulit cokelat, gestur tubuhnya yang Timur juga. Begitu masuk ke Indonesia dia masih ngomong Jawa.

Itu Anggun. Jarang orang ketemu yang kayak Anggun. Kita butuh orang kayak gitu. Kenapa dia bisa kayak gitu, karena dari manajemennya dia, dia harus diciptakan punya karakter kamu asalnya dari Timur harus memiliki karakter yang kayak gitu. Kalau dia di-create jadi orang Eropa padahal bukan orang Eropa jadi aneh," jelasnya.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013