Dalam kegiatan ini kami beserta ratusan masyarakat warga Kecamatan Selayang dan unsur TNI bersama-sama membersihkan area pinggir sungai"
Medan (ANTARA News) - Konsulat Amerika Serikat (AS) untuk Sumatera bersama Pemerintah Kota Medan melakukan gerakan bersih bantaran sungai di kawasan Medan Selayang, yang merupakan rangkaian peringatan Hari Bumi (Earth Day) pada 22 April.

Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera, Khatryn Crockart di Medan, Senin mengatakan, Hari Bumi diperingati tiap tahunnya pada 22 April, dengan kesadaran akan betapa pentingnya pelestarian bumi bagi generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

Tahun 2013 ini tema Earth Day adalah "The Face of Climate Change" (wajah perubahan iklim) yang menggarisbawahi akibat dari perubahan iklim bagi perseorangan, hewan, ekosistem dan masyarakat pada umumnya serta berfokus pada aksi individual.

Atas dasar itulah Konsulat Amerika Serikat dan masyarakat Kecamatan Medan Selayang turut ambil bagian dalam kepedulian terhadap lingkungan dengan mengadakan kegiatan gotong royong gerakan bersih bantaran sungai yang ada di kawasan Medan Selayang.

"Dalam kegiatan ini kami beserta ratusan masyarakat warga Kecamatan Selayang dan unsur TNI bersama-sama membersihkan area pinggir sungai. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan ekosistem sungai yang turut mempengaruhi perubahan iklim.

Sementara Wali Kota Medan Rahudman Harahap mengatakan pihaknya mengapresiasi apa yang digagas Konsulat Amerika tersebut, karena secara tidak langsung akan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk turut menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Karena, lanjut dia, masyarakat juga memiliki andil besar untuk turut menjaga kelestarian alam, salah satunya dengan tidak membuat sampah sembarangan, terlebih lagi membuang sungai ke sungai.

"Gotong-royong membersihkan sampah di lingkungan masing-masing harus terus kita budayakan. Kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga kelestarian lingkungan kita ini," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013