Palembang (ANTARA News) - Kampung Dongeng Palembang Darussalam mengajak anak-anak berwisata imajinasi dengan mendengarkan beragam cerita mendidik yang disampaikan dengan teknik suara dan alat peraga menarik.

"Mendongeng kini mulai ditinggalkan masyarakat Indonesia padahal dongeng menjadi salah satu upaya untuk mencerdaskan dengan mengembangkan kemampuan berpikir atau imajinasi anak-anak," kata Pembina Kampung Dongeng Palembang Darussalam, Bunda Perni, Senin.

Dia menjelaskan, guna kembali menghidupkan kebudayaan mendongeng tersebut pihaknya akan menghadirkan pedogeng nasional, Kak Awam Prakoso dihadapan seratus lebih anak-anak.

Kegiatan itu, dijadwalkan dilaksanakan, Jumat (10/5) di Taman Kambang Iwak.

Menurut dia, mendongeng menjadi salah satu media untuk mendidik anak-anak menjadi jiwa yang kreatif dan cerdas.

Apalagi, dalam setiap dongeng yang mereka sampaikan dikemas secara mendidik dengan nilai-nilai positif dimana dia mencontohkan setiap peran dalam dongeng mengajarkan pendengar untuk berbuat baik.

Peran negatif pun tetap ada tetapi bagaimana segala tindakan yang tidak bagus itu dikalahkan oleh pemeran yang baik sehingga anak-anak dituntut selalu bersikap baik dan optimistis.

Ia mengatakan, pihaknya selama ini telah mendongeng dengan berkeliling dari taman kanak-kanak dan pendidikan anak usia dini di kota pempek.

Seorang pendongeng Palembang, Ninuk menambahkan setiap kali mereka datang ke sekolah - sekolah dan mendongeng puluhan anak-anak yang berusia di bawah lima tahun sangat antusias menyambut dan mendengarkan cerita yang mereka sampaikan.

Pewarta: Nila Ertina
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013