... sebagai anak negeri terpanggil membangun Maluku... "
Ambon, Maluku (ANTARA News) - Letnan Jenderal TNI Marinir (Purnawirawan) Nono Sampono ternyata mendaftar sebagai bakal calon anggota DPD asal Maluku periode 2014 - 2019.

Ketua KPU Maluku, Idrus Tatuhey, dikonfirmasi, Rabu, membenarkan, Sampono termasuk salah satu dari 25 bakal calon anggota DPD yang mendaftar.

Sampono mendaftar karena merasa terpanggil membangun Maluku. "Saya, sebagai anak negeri terpanggil membangun Maluku sehingga siap bersaing dengan kandidat lainnya secara sportif," ujarnya. Dia memang berdarah Ambon.

Dia sebelumnya calon wakil gubernur DKI Jaya, yang gagal dalam Pilkada DKI 2012. Dia juga gagal dalam Pilkada Maluku pada 11 Juni 2013 karena tidak direkomendasikan Partai Demokrat, Partai Golkar, dan Partai Hanura.

Tatuhey memastikan, "Maluku hanya diberikan formasi empat kursi sehingga silahkan berproses untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat agar saatnya bisa lolos menjadi anggota DPD."

Dari 25 bakal calon anggota DPD, tercatat empat petahanan periode 2009-2014, yaitu Jhon Piries, Jack Ospara, Etha Hentihu, dan Ana Latuconsina.

Pewarta: Alex Sariwating
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013