Di PDI Perjuangan semacam republik khusus, masa loyalis adalah massa loyalis Bung Karno. DPP PDI Pejuangan memberikan penghormatan khusus kepada Bung Karno dan keluarganya. Ada hak-hak khusus, jikalau ada trah Sukarno, diberikan keistimewaan,"
Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) memberikan keistimewaan kepada trah Bung Karno dalam pencalegan DPR RI.

Hal itu dikatakan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan, Bambang Wuriyanto di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu terkait masuknya nama Guruh Irianto Sukarno Putra sebagai bakal caleg dari daerah pemilihan Jawa Timur I dengan nomor urut 1.

 "Di PDI Perjuangan semacam republik khusus, masa loyalis adalah massa loyalis Bung Karno. DPP PDI Pejuangan memberikan penghormatan khusus kepada Bung Karno dan keluarganya. Ada hak-hak khusus, jikalau ada trah Sukarno, diberikan keistimewaan," kata Bambang.

Ia menambahkan, adanya penilaian terhadap Guruh yang jarang masuk DPR RI, Bambang mengatakan, semua orang silahkan menilai Guruh seperti apa. "Kalau masyarakat umum menilai seperti, silahkan saja. Tapi Guruh dicalonkan dari PDI Perjuangan dan pertanggungjawabannya kepada massa PDIP yang memilih Guruh, bukan kepada partai lain," tegas Bambang.

Terkait adanya artis-artis yang menjadi bakal caleg, bagi PDIP, bukan untuk diprioritaskan.

"PDIP tak berikan keistimewaan kepada artis, tetap jalankan serangkaian tes. Memasang artis sebagai caleg tak hebat-hebat amat. Popularitas artis tidak berjalan paralel, belum tentu baik dan tidak jadi jaminan," kata Bambang.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013