...kami menduga barang haram itu ditujukan ke Amerika Tengah
Caracas (ANTARA News) - Pemerintah Venezuela menyita hampir 2,7 ton kokain tingkat tinggi di Negara Bagian Zulia bagian barat-daya negeri tersebut, kata Menteri Dalam Negeri dan Kehakiman Miguel Rodriguez, Kamis (25/4).

"Kami bisa melancarkan pukulan terhadap jaringan penyelundup narkotika internasional dengan menyita 2.694 kilogram kokain yang dikemas dalam beberapa paket khusus ... dan kami menduga barang haram itu ditujukan ke Amerika Tengah, Honduras," kata Rodriguez sebagaimana dikutip Kantor Berta Venezuela (AVN).

Narkotika tersebut, yang dicegat di Pelabuhan Maracaibo, diberi cap "plastik untuk daur-ulang" guna menghindari pendeteksian.

Penyitaan itu adalah yang terbesar ketiga sepanjang tahun ini di negeri tersebut, demikian diwartakan Xinhua, Jumat.

Pada Februari, Pemerintah Venezuela menyita lima ton marijuana di Negara Bagian Tachira di perbatasan barat-daya negeri itu, dan 4,1 ton kokain di Zulia pada Maret.

Pemerintah Venezuela menangkap lebih dari 14,6 ton narkotika pada kuartal pertama 2013, naik 32,4 persen selama masa yang sama pada 2012, pada tahun sebanyak 45 ton barang haram ditemukan atau disita.
(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013