Saya akan mulai fokus tahun depan, yang terpenting sekarang fokus pada pemulihan sehingga bisa sembuh total,"
Jakarta (ANTARA News) - Atlet angkat besi peraih medali perak Olimpiade London 2012, Triyatno, menyatakan akan cuti bertanding sepanjang tahun 2013 untuk fokus pada pemulihan pascaoperasi pada kedua lututnya.

"Sepertinya untuk tahun ini saya cuti bertanding," kata Triyatno kepada Antara, Jumat.

Triyatno yang juga peraih medali perunggu Olimpiade Beijing 2008 tersebut cedera pada tulang rawan lutut di kaki kiri sejak 2007. Selama ini ia telah mengupayakan penyembuhan dengan obat-obatan dan terapi namun tidak berhasil hingga pada kaki kanannya pun timbul selaput yang menebal karena terus menahan beban.

Dalam melewati masa cedera, Triyatno tetap berprestasi baik di Pekan Olahraga Nasional (PON), SEA Games, hingga Olimpiade.

Akhirnya, setelah enam tahun atlet angkat besi kelas 69 kilogram itu menjalani operasi pada kedua lututnya yang ditangani empat dokter ortopedic sports medicine di Rumah Sakit Premier Bintaro, Jakarta Selatan, Selasa (26/3) silam.

Usai operasi, Triyatno yang sementara harus menggunakan tongkat menjalani terapi untuk proses pemulihan. Triyatno menjalani masa rehabilitasi yang ditangani Indonesia Sports Medicine Center (ISMC) untuk penguatan otot pada badan dan dilatih untuk penguatan otot kaki. Meskipun masih menjalani proses pemulihan, ia tetap rutin latihan ringan.

"Setiap hari saya latihan tetapi upper-body saja. Setelah terapi langsung latihan," ujar atlet asal Kota Metro, Lampung itu.

Triyatno mengatakan akan mulai fokus latihan tahun depan untuk persiapan Asian Games dan Olimpiade Brazil 2016.

"Saya akan mulai fokus tahun depan, yang terpenting sekarang fokus pada pemulihan sehingga bisa sembuh total," tambah atlet berusia 25 tahun yang juga berhasil meraih medali perak di Kejuaraan Dunia 2009 dan 2010 itu. (M047/D011)

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013