... yang pakai anggota saja sudah sangat memalukan, apalagi seorang komandan pangkalan berpangkat kolonel... "
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi I DPR, Agus Kartasasmita, menegaskan, penangkapan Kolonel ASB, komandan Pangkalan TNI AL Semarang, karena menghisap shabu-shabu di satu hotel, kemarin, sangat memalukan institusi militer Indonesia. 

"Bayangkan, pemakai shabu bukan anggota biasa TNI. Tapi seorang komandan pangkalan TNI AL. Kalau yang pakai anggota saja sudah sangat memalukan, apalagi seorang komandan pangkalan berpangkat kolonel, mencoreng tubuh institusi," kata Kartasasmita di Jakarta, Selasa.

Secara terpisah, Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Untung Surapati, membenari Kolonel ASB mengonsumsi narkoba di satu kamar di hotel di Semarang bersama temannya. Kolonel ASB diketahui merupakan seorang perwira menengah senior yang menjadi komandan pangkalan tipe B TNI AL.

Anggota lain Komisi I DPR, Susaningtyas Kertopati, meminta TNI AL segera memproses kasus Kolonel ASB "Menurut saya ASB harus diproses, tidak usah tebang pilih," kata Kertopati.

Menurut dia, kasus yang menimpa ASB sangat memalukan. "TNI AL-pun sudah setuju yang bersangkutan untuk diproses karena sudah memalukan institusi. Dan dihukum yang setimpal sekaligus bandarnya harus diburu," kata politisi Hanura itu.

Anggota Komisi I DPR RI lainnya, Chandra Tirta Wijaya mengatakan, proses hukum harus dilaksanakan. "Ini untuk memberi efek jera di samping itu juga diobati ketergantungan pada narkotika," kata dia. 

(zul

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013