Jumat, 19 Desember 2014

Festival Serambi Mekah digelar jelang Tour de Singkarak

| 3.187 Views
id festival serambi mekah, tour de singkarak, pariaman
Festival Serambi Mekah digelar jelang Tour de Singkarak
Ilustrasi-- Tour de Singkarak 2012 di kawasan hutan pinus Pantai Cermin, Kota Pariaman, Sumbar, Sabtu (9/6). (ANTARA/Iggoy el Fitra)
Padangpanjang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, menggelar Festival Serambi Mekah VII dan Padangpanjang Expo untuk memeriahkan Tour de Singkarak (TdS), pada 3 sampai 8 Juni 2013.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kota Padangpanjang Syaiful Bahri, Kamis mengatakan festival ini merupakan kegiatan tahunan yang berlangsung di Lapangan Khatib Sulaiman, Bancah Laweh.

"Festival ini akan memberikan lebih banyak pilihan pada masyarakat luas untuk berapresiasi, maka bertepatan dengan pelaksanaan balap sepeda internasional TdS 2013, kami akan menyatukan kegiatan itu," kata dia.

Pada pelaksanaan TdS 2013 Kota Padangpanjang menjadi salah satu tuan rumah sebagai lokasi start etape II dengan finish di Kabupaten Tanahdatar.

"Pada 3 Juni itu, kami juga sebagai tuan rumah lokasi start balap sepeda internasional TdS, sehingga kegiatan tahunan itu terlihat lebih meriah," kata dia.

Dia mengatakan festival yang dilaksanakan tersebut juga akan memberikan dampak sosial ekonomi kerakyatan bagi masyarakat Kota Padangpanjang.

"Masyarakat bisa memanfaatkan peluang bagus ini dalam berinovasi untuk peningkatan ekonomi dengan menjajalkan produk lokal yang bisa berkompetisi di pasaran,"sebutnya.

Selain peningkatan perekonomian, festival ini juga akan lebih memperkaya kebudayaan lokal yang sudah mulai terpinggirkan karena kemajuan zaman.

Penyelenggara Festival Serambi Mekah dan Expo akan menghadirkan berbagai kegiatan seperti Festival kesenian budaya daerah, lokal, nasional, pameran perdagangan dan industri, aneka hiburan dan lomba, pawai budaya serta tari masal.

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga