... bentuk penertiban dan pengawasan... "
Jakarta (ANTARA News) - Pemeriksaan dan inspeksi senjata api di antara personel terjadi di Komando Lintas Laut Militer TNI AL, di kawasan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis. 

Pemeriksaan dan inspeksi itu dipimpin Asisten Intelijen Panglima Komando Lintas Laut Militer TNI AL, Kolonel Pelaut S Irawan, terhadap senjata api laras panjang dan pendek, pun yang dipergunakan sebagai senjata kelengkapan jabatan personel. 

Tidak semua personel mendapat kewenangan membawa atau menggunakan senjata api; hanya pejabat tertentu atau personel yang memiliki fungsi tertentu saja. 

"Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi terakhir senjata api dan memastikan administrasi persyaratan sudah lengkap. Juga sebagai bentuk penertiban dan pengawasan terhadap pengguna senjata api di lingkungan kami," kata Irawan.

Walau sebetulnya rutin dilakukan, namun bisa saja pemeriksaan dan inspeksi ini dilakukan mendadak. "Kapanpun akan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan," kata Irawan.

Beberapa hal yang diperiksa dan ditelusuri pada pemeriksaan dan inspeksi senjata api ini adalah ketentuan administratif, antara lain, kartu pemeriksaan senjata, surat izin senjata (SIS), amunisi, dan kebersihan serta kelengkapan lainnya.

(S037/R010)

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013