Kupang (ANTARA News) - Penyaluran naskah ujian nasional (UN) untuk sekolah dasar di Nusa Tenggara Timur berjalan lancar tanpa ada hambatan seperti yang terjadi pada pendistribusian UN SMP dan SMA, kata Kepala Dinas Pendidikan NTT Klemens Meba.

"Sesuai rencana penyaluran naskah berakhir hari ini (Jumat, 3/5)," katanya dan menambahkan penyaluran terakhir untuk wilayah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Dengan demikian, kata dia, pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang akan dilaksanakan pada Senin (6/5) mendatang, dipastikan berlangsung sesuai jadwal.

Dia menyebutkan jumlah peserta USBN tingkat SD/MI di wilayah provinsi kepulauan ini sebanyak 134.412 siswa yang tersebar di 3.263 sekolah yang ada di 21 kabupaten/kota di NTT.

Dia menjelaskan, penyaluran naskah USBN SD telah dilakukan sejak 28 April 2013 lalu untuk delapan kabupaten di daratan Flores. Pada Senin, 29 April telah didistribusikan untuk Kabupaten Sabu Raijua dan empat kabupaten di daratan Sumba.

Sedangkan untuk Kabupaten Alor dan Lembata sudah disalurkan pada Rabu (1/5).

Sementara untuk Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU), Belu dan Rote Ndao, dilakukan pada Kamis (2/5) dilanjut untuk Kota Kupang dan Kabupaten Kupang pada Jumat (3/5) hari ini.

"Hari ini hari terakhir penyaluran naskah tersebut," kata Klemens dan menambahkan meskipun penyaluran naskah USBN SD akan dilakukan oleh rekanan pengadaan naskah hingga ke sekolah-sekolah, Dinas Pendidikan akan terus melakukan pengawasan agar bisa sesuai waktu yang sudah sitetapkan itu.

"Sesuai nota perjanjian kerja sama, pendistribusian dari percetakan ke-21 kabupaten/kota di NTT langsung ditangani oleh rekanan," ujarnya.

Dengan penyaluran naskah lebih awal itu, dipastikan pelaksanaan bisa tepat waktu. Sesuai jadwal, pelaksanaan UNSB SD berlangsung sesuai jadwal yang ada pada 6-9 Mei 2013.

Pewarta: Yohanes Adrianus
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013